Iklan dempo dalam berita

Misteri Gunung Patah Bengkulu-Sumsel, Ada Pohon Panjang Umur dan Suku Unik?

Misteri Gunung Patah Bengkulu-Sumsel, Ada Pohon Panjang Umur dan Suku Unik?

Di Provinsi Bengkulu juga ada Gunung Patah yang belum banyak diketahui masyarakat--

BENGKULU, RBTV.COM – Barangkali tak banyak yang belum tahu kalau Provinsi Bengkulu memiliki gunung yang masih diselimuti dengan banyak misteri. 

 

Kebanyakan mungkin lebih kenal Gunung Berapi Bukit Kaba yang terletak di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Gunung yang kerap menjadi wahana pendakian bagi pencinta alam yang memiliki ketinggian sekitar 1.938 meter di atas permukaan laut. 

Atau Gunung Bungkuk di Kabupaten Bengkulu Tengah. 

 

BACA JUGA:Daftar Motor Vespa Termahal di Dunia, Nomor 5 Harganya Bikin Tepuk Jidat

Namun, kita tidak boleh mengabaikan gunung tertinggi yang ada di Bumi Raflessia. Gunung tertinggi tersebut adalah Gunung Patah dengan tinggi 2.817 meter di atas permukaan laut. 

 

Tak kalah dengan Bukit Kaba, gunung yang berada di garis perbatasan Provinsi Bengkulu dan Sumatera Selatan menarik untuk ditelusuri. Apalagi lokasinya tepat di dalam kawasan hutan lindung Raje Mendare yang merupakan sumber mata air bagi dua provinsi itu.

 

BACA JUGA:Dua Petani Berkelahi karena Masalah Sepele, Satu Orang Meninggal Dunia

Gunung Patah berada di ujung barat Provinsi Bengkulu, tepatnya di Kabupaten Kaur. Gunung Patah ini kaya dengan fauna dan flora. Bahkan, infonya, di kawasan Gunung Patah saat menjelajahinya akan menemukan semak cantigi gunung atau pohon panjang umur di ketinggian 2.650 mdpl.

 

Sebagian besar lokasinya berada di sisi barat jalur. Selain itu, tumbuhan kantung semar, anggrek hutan, dan edelweiss pun bisa disaksikan di Gunung Patah. Bahkan, tumbuhan khas Bengkulu yaitu Bunga Raflessia Arnoldi juga tumbuh di sana. Juga ada beberapa spesies mamalia, seperti owa, siamang, rusa, beruang madu, dan macan tutul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: