Iklan dempo dalam berita

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram Sesuai yang Diajarkan Rasullulah, Ini Waktu Tepat Mengamalkannya

Bacaan Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram Sesuai yang Diajarkan Rasullulah, Ini Waktu Tepat Mengamalkannya

Doa Awal Tahun Baru Islam--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Bacaan doa awal tahun baru Islam 1 Muharram sesuai yang diajarkan Rasullulah, ini waktu tepat mengamalkannya.

Membaca doa awal tahun Muharram serta doa akhir tahun merupakan amalan yang dianjurkan untuk dilakukan saat memasuki pergantian Tahun Baru Islam. Amalan ini dimulai dari waktu Ashar hingga Magrib.

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa di Kabupaten Tuban Tahun 2024, Pastikan Jumlah Dana Desamu

Ustadz Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid dalam bukunya "Kalender Ibadah Sepanjang Tahun," menyatakan bahwa doa awal tahun dan akhir tahun berisikan harapan agar dijauhkan dari godaan setan dan diampuni dosa-dosa yang telah lalu. Doa ini juga dapat diiringi dengan bacaan dzikir.

Doa Awal Tahun Hijriah

Berdasarkan sumber yang sama, doa awal tahun diamalkan sebanyak tiga kali setelah salat Magrib. Berikut adalah bacaannya:

Bahasa Arab:


اَللّٰهُمَّ أَنْتَ الأَبَدِيُّ القَدِيمُ الأَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ العَظِيْمِ وَكَرِيْمِ جُوْدِكَ المُعَوَّلُ، وَهٰذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ أَقْبَلَ، أَسْأَلُكَ العِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَأَوْلِيَائِهِ، وَالعَوْنَ عَلَى هٰذِهِ النَّفْسِ الأَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ، وَالاِشْتِغَالَ بِمَا يُقَرِّبُنِيْ إِلَيْكَ زُلْفَى يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ

Latin:

Allâhumma antal abadiyyul qadîmul awwal. Wa 'alâ fadhlikal 'azhîmi wa karîmi jûdikal mu'awwal. Hâdzâ 'âmun jadîdun qad aqbal. As'alukal 'ishmata fîhi minas syaithâni wa auliyâ'ih, wal 'auna 'alâ hâdzihin nafsil ammârati bis sû'i, wal isytighâla bimâ yuqarribunî ilaika zulfâ, yâ dzal jalâli wal ikrâm.

Artinya:

"Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu yang besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Tahun baru ini sudah tiba. Aku berlindung kepada-Mu dari bujukan Iblis dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai Tuhan Pemilik Kebesaran dan Kemuliaan."

BACA JUGA:Sopir Hilang Kendali, Mobil Avanza Melompati Trotoar lalu Masuk Siring

Doa awal tahun ini termaktub dalam Jami' Al Kabir karya Imam As-Suyuthi yang disadur oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ada penambahan sholawat atas Rasulullah SAW di awal kalimat doa oleh Utsman bin Yahya.

Doa Akhir Tahun Hijriah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: