Iklan dempo dalam berita

Daftar 5 Provinsi dengan UMR Paling Rendah Se-Indonesia Tahun 2024, Ada Daerahmu?

Daftar 5 Provinsi dengan UMR Paling Rendah Se-Indonesia Tahun 2024, Ada Daerahmu?

UMR Terendah di Indonesia 2024--

BACA JUGA:Daftar 12 Daerah dengan UMR Tertinggi di Indonesia Tahun 2024, Segini Besarannya

Seperti yang kita lihat, upah minimum cenderung meningkat setiap tahunnya. Hal ini tidak lepas dari peran pemerintah dalam mengatur upah tenaga kerja. Upah minimum ini menjadi acuan upah terendah bagi pekerja dengan masa kerja di bawah satu tahun.

Dengan naiknya UMR, perusahaan pemberi kerja diharuskan untuk menyesuaikan kebijakan pengupahan mereka.

Mereka dapat meningkatkan gaji pegawai sesuai dengan persentase kenaikan UMR atau menggunakan persentase yang berbeda, dengan syarat tidak lebih rendah daripada UMR yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Gaji Kades 2024 Setara dengan PNS Golongan Berapa? Cek Rincian Lengkapnya di Sini

3. Standar Kebutuhan Hidup Layak (KHL)

Menurut Indonesia Baik, Gubernur menetapkan upah minimum berdasarkan survei kebutuhan hidup layak (KHL). KHL merupakan standar kebutuhan bagi pekerja lajang untuk menjalani kehidupan yang layak secara fisik dalam waktu satu bulan.

Dewan Pengupahan melakukan survei KHL menggunakan 60 komponen yang ditinjau sesuai dengan Keputusan Menaker Nomor 12 Tahun 2012. Survei ini dilakukan sebulan sekali untuk mengambil rata-rata sampai akhirnya memperoleh nilai KHL.

Setelah itu, nilai perhitungan KHL yang dihasilkan survei digunakan sebagai acuan upah minimum untuk tahun pertama dalam rentang waktu lima tahun.

BACA JUGA:Ini 5 Mitos Bunga Edelweiss, Bunga Abadi di Gunung yang Tak Boleh Dipetik

4. Indeks Harga Konsumen (IHK)

Indeks harga konsumen (IHK) merupakan suatu indeks yang mengukur rata-rata perubahan harga barang dan jasa yang digunakan oleh rumah tangga dalam rentang waktu tertentu.

Contoh barang rumah tangga yang harganya diukur IHK adalah bahan makanan, sandang, papan, dan berbagai barang dan jasa lainnya.

Dalam penggunaannya, Indeks harga konsumen sering digunakan dalam pengukuran tingkat inflasi di sebuah negara. Selain itu, indeks ini juga sering menjadi bahan pertimbangan dalam menyesuaikan upah atau gaji.

BACA JUGA:Tol Banyung Lencir-Tempino Tuntas, Jarak Palembang-Jambi Terpangkas 4 Jam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: