Iklan dempo dalam berita

Kerap Dianggap Mistis, Ini 4 Mitos Bulan Suro yang Masih Dipercaya Masyarakat Jawa

Kerap Dianggap Mistis, Ini 4 Mitos Bulan Suro yang Masih Dipercaya Masyarakat Jawa

Mitos Malam 1 Suro--

Terkait dengan hal tersebut Prof KH Yahya Zainul Ma'arif Lc MA PhD dalam sebuah videonya di kanal Youtube Al Bahjah TV menjelaskan bahwa dalam Islam tidak ada aturan khusus mengenai waktu yang baik untuk membangun rumah.

"Semua bulan baik. Enggak usah Muharram, Rajab atau Puasa, yang penting yang bangun ikut puasa Ramadhan. Tidak ada yang begitu begitu," terang Buya Yahya

Buya Yahya menegaskan bahwa ketentuan tentang hari baik dan buruk semacam itu hanyalah mitos atau kepercayaan yang telah ada secara turun temurun.

Menurutnya tidak ada ketakutan khusus pada hari-hari tertentu yang dapat mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan kita.

"Semua hari bagus kalau digunakan kebaikan. Kapan hari jelek? hari Anda bermaksiat, selesai," demikian Buya Yahya.

BACA JUGA:Segini Gaji dan Tunjangan Kepala Desa Tahun 2024! Lebih Besar dari Gaji PNS

4. Dilarang Bepergian Jauh

Terlepas dari kesakralan dan kesucian bulan ini, masih ada umat Islam yang masih melestarikan kepercayaan tertentu yang diwarisi nenek moyang. Misalnya tidak boleh bepergian jauh karena termasuk bulan yang nahas.

Dalam Islam sikap tersebut tidaklah keluar dari dua hal yaitu mencela waktu dan beranggapan sial dengan waktu tertentu. Karena mengatakan satu waktu atau bulan tertentu adalah bulan penuh musibah dan penuh kesialan, itu sama saja dengan mencela waktu.

Perlu kita ketahui bersama bahwa mencela waktu adalah kebiasaan orang-orang musyrik. Mereka menyatakan bahwa yang membinasakan dan mencelakakan mereka adalah waktu. Allah pun mencela perbuatan mereka ini. Allah Ta'ala berfirman,


وَقَالُوا مَا هِيَ إِلَّا حَيَاتُنَا الدُّنْيَا نَمُوتُ وَنَحْيَا وَمَا يُهْلِكُنَا إِلَّا الدَّهْرُ وَمَا لَهُمْ بِذَلِكَ مِنْ عِلْمٍ إِنْ هُمْ إِلَّا يَظُنُّونَ

"Dan mereka berkata: 'Kehidupan ini tidak lain hanyalah kehidupan di dunia saja, kita mati dan kita hidup dan tidak ada yang akan membinasakan kita selain masa (waktu)', dan mereka sekali-kali tidak mempunyai pengetahuan tentang itu, mereka tidak lain hanyalah menduga-duga saja." (QS. Al Jatsiyah 45)

BACA JUGA:Daftar Promo KFC Bulan Juli 2024, Mulai dari Promo Paket Besar hingga Free Winger Bucket

Jadi, mencela waktu adalah sesuatu yang tidak disenangi oleh Allah. Itulah kebiasaan orang musyrik dan hal ini berarti kebiasaan yang jelek.

Perlu diketahui bahwa bulan Muharram atau Suro adalah bulan yang mulia di sisi Allah SWT. Maka segala niat baik yang ingin dilaksanakan seperti menikah, menggelar acara, atau keluar rumah untuk beraktivitas tidak ada larangan untuk dilakukan.

Demikianlah ulasan mengenai 4 mitos bulan Suro yang sampai kini masih dipercaya oleh masyarakat Jawa. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: