Iklan dempo dalam berita

Program BRINita, Sukses Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Urban Farming Produktif

Program BRINita, Sukses Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Urban Farming Produktif

BRINita, Sukses Sulap Lahan Lahan Terbengkalai Jadi Produktif--

JAKARTA, RBTVCAMKOHA.COM – BRI melalui aktivitas Corporate Social Responsibility (CSR) BRI yakni program BRInita (Bertani di Kota) berkolaborasi bersama warga mengambil peran dalam perubahan di lingkungan RW 07 Cempaka Putih Barat, Jakarta.

Pemandangan berbeda terlihat di pemukiman warga area RW 07 Cempaka Putih Barat, Jakarta.

Berkat inisiatif warga yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Dahlia 07 serta dukungan program BRINita, sukses menyulap lahan yang tadinya terbengkalai dan tempat pembuangan sampah kini menjadi lebih asri dan produktif.

BACA JUGA:Taat Pajak, Segini Besaran Pajak Motor Honda Vario dari Berbagai Tahun

Warga sekitar Kawasan itu pun merasakan perubahan positif di lingkungan tempat tinggal mereka. Hal itu dikarenakan lahan tersebut kini jadi produktif dan menghasilkan berbagai macam sayuran dan tanaman obat serta meningkatkan ekonomi warganya.


Didukung BRINita, Kelompok Tani Ini Sulap Lahan Terbengkalai Jadi Produktif--

Diceritakan Sekretariat RW 07 Tri Haryanto, yang juga merupakan penggiat urban farming Poktan Dahlia, lahan terbengkalai yang dulunya menjadi tempat sampah dan puing-puing warga ini mulai dikelola secara mandiri sejak tahun 2022.

“Di tahun 2022 kami kelola penuh tapi masih ala kadarnya. Kemudian setelah itu kami mendapatkan bantuan dari BRI melalui program CSR BRI Peduli BRINita. Berkat bantuan tersebut akhirnya lahan bisa seperti ini yang tentunya jauh lebih bagus dibandingkan saat kami kelola secara mandiri,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bagi yang Sedang Berjuang Mau Jadi Polisi, Coba Amalkan Doa dan Sholawat Berikut

Adapun metode penanaman yang dilakukan oleh Poktan Dahlia ini adalah hidroponik, multikultur, dan vertical garden. Mereka juga membangun kolam untuk budidaya ikan lele.

Jenis sayuran yang ditanam seperti Bayam Brazil, kangkung, pokcoy, sawi, terong, tomat. Warga pun melakukan perawatan rutin untuk merawat lahan tersebut, antara lain dengan penambahan pupuk dan penyiraman.

BACA JUGA:Bagi yang Sedang Berjuang Mau Jadi Polisi, Coba Amalkan Doa dan Sholawat Berikut

Program BRINita menjadi peluang baru bagi warga RW 07 Cempaka Putih Barat untuk lebih produktif. Bantuan yang diberikan antara lain berupa tanaman, bibit ikan, gudang, dan toilet.

Di atas lahan seluas 300 m2 yang sebelumnya jadi tempat penimbunan sampah, kini tampak lebih asri dengan kehadiran berbagai jenis tanaman hidroponik dan kolam lele.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: