Iklan dempo dalam berita

Buat Mahasiswa yang Baru Lulus SNBT 2024, Ini Daftar 5 Beasiswa yang Tersedia, Apa Saja?

Buat Mahasiswa yang Baru Lulus SNBT 2024, Ini Daftar 5 Beasiswa yang Tersedia, Apa Saja?

Beasiswa untuk mahasiswa lulus SNBT 2024--

Dilansir dari situs resmi KIP-K, pendaftaran untuk seleksi mandiri di PTS telah dibuka sejak 11 Juni 2024 dan akan berakhir pada 31 Oktober 2024.

Kamu bisa memanfaatkan waktu yang disediakan selagi memilih universitas dan jurusan yang cocok dengan impianmu.

BACA JUGA:Beasiswa LPDP 2024 Kembali Dibuka, Ini Syarat dan Cara Pendaftarannya

Syarat Daftar KIP Kuliah 2024

KIP-Kuliah merupakan program bantuan bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu. Untuk memenuhi syarat penerimaan, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi, mulai dari lulusan SMA/SMK tahun 2022-2024 hingga memenuhi ketentuan dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau program bantuan sosial yang diakui.

BACA JUGA:Beasiswa APERTI BUMN 2024 Resmi Dibuka, Ini Syarat dan Jadwal Daftarnya

1. Lulusan SMA/SMK 2022-2024: Calon penerima harus merupakan lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) pada tahun 2022, 2023, atau 2024.

2. Lulus Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru: Penerima KIP-Kuliah harus berhasil lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui jalur masuk di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau swasta (PTS) pada program studi yang telah terakreditasi.

BACA JUGA:Sekarang Giliranmu! Ini 5 Beasiswa Kuliah 2024 Khusus untuk Lulusan SMA/SMK

3. Pemegang KIP Pendidikan Menengah: Calon penerima harus menjadi pemegang atau pemilik Kartu Indonesia Pintar (KIP) Pendidikan Menengah.

4. Masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau Program Bantuan Sosial: Penerima KIP-Kuliah harus masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) atau menerima program bantuan sosial yang ditetapkan oleh Kementerian Sosial, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK), atau Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT).

BACA JUGA:Jangan Sampai Terlambat! Ini 6 Beasiswa Kuliah Gratis 2024, Pendafataran Terakhir Bulan Juni

5. Kelompok Masyarakat Miskin/Rentan Miskin: Calon penerima harus masuk dalam kelompok masyarakat miskin atau rentan miskin dengan maksimal pada desil 3 (tiga) Data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang ditetapkan oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

BACA JUGA:Tinggal 3 Hari Lagi, Begini Cara Daftar Beasiswa Anak Petani Sawit

6. Mahasiswa dari Panti Sosial/Panti Asuhan: Jika mahasiswa berasal dari panti sosial atau panti asuhan, mereka juga memenuhi syarat untuk menerima KIP-Kuliah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: