Iklan dempo dalam berita

5 Sebab Baja Ringan Sering Berkarat, Begini Cara Mengatasinya

5 Sebab Baja Ringan Sering Berkarat, Begini Cara Mengatasinya

Penyebab baja ringan berkarat dan cara mengatasinya--

Banyak rumah menggunakan rangka atap baja ringan saat ini. Perawatan diperlukan untuk rangka atap agar tahan lama dan berkualitas tinggi. 

Selain itu, perawatan rangka atap ini mengurangi risiko karat. Untuk menghindari karat, berikut adalah beberapa saran untuk merawat baja ringan.

1. Memasang Lapisan Antikarat

Rangka atap baja ringan dapat dilindungi dari karat dengan lapisan antikarat. Karena baja ringan dapat menyebar ke bagian lain jika terkena karat, lapisan antikarat juga dapat mencegah area karat menjadi lebih besar. 

Lapisan antikarat pada rangka atap baja ringan dapat dilakukan secara mandiri atau dengan membeli baja ringan yang sudah dilapisi galvalume.

Baja ringan dengan lapisan galvalume tersedia dengan Aplus. Oleh karena itu, tidak perlu repot-repot melapisinya kembali dengan cat antikarat.

BACA JUGA:Dana Desa Kabupaten Barito Kuala Tahun 2024 Cair, Segini Rincian Masing-masing Desa

2. Hindari Goresan pada Rangka Atap Baja Ringan

Goresan pada rangka atap yang terbuat dari baja ringan dapat merusak lapisan antikarat. Karat mudah menyebar ke bagian lain jika tergores. Karena karat melebar, rangka atap baja ringan tersebut menjadirusak.

3. Hindari Bahan Kimia yang Bersifat Korosif

Salah satu jenis zat kimia yang bersifat korosif adalah yang mengandung asam dan basa. Permukaan baja ringan sangat mudah terpengaruh oleh zat korosif. 

Oleh karena itu, lapisan antikarat baja ringan akan mengelupas, menyebabkan baja ringan berkarat. Akibatnya, zat kimia ini harus dihindari.

BACA JUGA:Syarat dan Cara Daftar PPG Daljab 2024 Lewat SIMPKB, Simak Jadwal dan Tahapannya

4. Hindari dari Semen

Reaksi kimia akan terjadi ketika semen terkena baja ringan. Ini berarti lapisan antikarat akan rusak. Untuk mencegah hal ini terjadi, baja ringan harus dihindari saat membuat dinding, lantai, atau kegiatan lain yang menggunakan semen sebagai salah satu bahannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: