Iklan dempo dalam berita

4 Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja,Bisa Timbulkan Perilaku Menyakiti Diri Sendiri

4 Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja,Bisa Timbulkan Perilaku Menyakiti Diri Sendiri

4 Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Remaja--

1. Melabrak 

Bentuk bullying ini biasanya dilakukan atas dasar cemburu pada siswa yang dinilai berbeda di sekolah. Pelaku secara sengaja melakukan serangan fisik atau verbal secara berulang untuk menunjukkan kuasa pada korban dan membuat korban merasa dirinya bukan siapa-siapa. 

BACA JUGA:Viral di Tiktok, Janda Gaji Rp15 juta Cari Suami Pengangguran, Minta Mahar Cuma Rp10 Ribu! Tertarik?

2. Senioritas 

Senioritas yang biasanya terjadi saat masa orientasi hingga ada pembedaan akses antara junior dan senior. Saat orientasi biasanya senior membuat aturan-aturan tertentu seperti memakai atribut tambahan. 

Tugas di luar pelajaran untuk menghafal, gestur hormat yang harus dilakukan siswa baru pada siswa senior, pembedaan tempat duduk di kantin, akses tangga, koridor, dan lain sebagainya. 

BACA JUGA:Ditaksir Punya 6,3 Triliun! Rey Utami Jadi Artis Terkaya Indonesia 2024 Ini Sumber Kekayaanya

3. Mengucilkan dalam kelompok 

Pelaku mengucilkan atau meminggirkan orang tertentu untuk tidak dilibatkan dalam kelompok apapun yang ada di sekolah termasuk kelompok belajar dan ekstrakurikuler. 

4. Cyberbullying 

Bullying jenis ini tidak melibatkan sengan fisik, melainkan serangan verbal atau jenis lainnya yang dilakukan melalui akses internet dan teknologi. Pelaku biasanya merendahkan, menyudutkan, mempermalukan, hingga menyebarkan rumor yang mengajak orang lain untuk ikut menyerang korban. 

BACA JUGA:Nama Kaesang Masuk Bursa Pilkada Lampung, Benarkah? Begini Tanggapan PSI

Cara Mencegah Bullying di Sekolah

Cara mengatasi bullying yang tepat juga menekan peluang peristiwa perundungan kembali terjadi, yang bisa saja menelan korban dari para siswa.

Dikutip dari buku Pelayanan Konseling pada Satuan Pendidikan Menengah, cara mencegah bullying di sekolah dapat dilakukan dengan cara berikut:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: