Iklan dempo dalam berita

Begini Kronologi KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, saat Itu Kapal Mengangkut 1.677 Orang

Begini Kronologi KM Umsini Terbakar di Pelabuhan Makassar, saat Itu Kapal Mengangkut 1.677 Orang

Kronologi terbakarnya KM Umsini di Pelabuhan Makassar--

BACA JUGA:Semuanya untuk Masyarakat, Segini Dana Desa Kabupaten Mojokerto Tahun 2024, Desa Mana Paling Besar?

Sebagai informasi tambahan berikut ini hal-hal yang harus Anda lakukan jika mengalami keadaan darurat di atas kapal:

1. Jangan Panik

Dalam situasi darurat, tetap bersikap tenang dan fokus adalah hal penting. Ingat, panik hanya akan memperburuk situasi. Jadi, tetaplah bersikap tenang agar Anda bisa mengambil keputusan yang tepat.

Sebaiknya, tinggalkan semua barang bawaan yang tidak penting dan utamakan keselamatan. Fokuskan diri pada langkah-langkah yang harus diambil untuk meningkatkan peluang bertahan hidup dan melakukan evakuasi dengan aman 

2. Ikuti Instruksi Awak Kapal

Awak kapal tentu sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam memastikan keselamatan naik kapal serta menangani situasi darurat tertentu. Artinya, mereka sudah tahu apa tindakan paling tepat yang harus dilakukan.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Ini Syarat Hewan yang Boleh Dijadikan Qurban Menurut Hadits

Jadi, dengarkan dengan seksama dan ikuti instruksi yang diberikan oleh awak kapal. Jangan melakukan tindakan yang ceroboh secara sembarangan atau melanggar instruksi yang diberikan agar tidak membahayakan keselamatan bersama.

3. Kenakan Alat Keselamatan

Selanjutnya, segera kenakan alat keselamatan yang tersedia, seperti jaket keselamatan (life jacket) atau pelampung jika pihak awak kapal memberikan peringatan tentang situasi darurat.

Pastikan Anda sudah memahami cara mengenakan alat keselamatan dengan benar. Berbagai alat ini dapat membantu Anda tetap terapung di atas air dalam situasi darurat, sehingga bisa meningkatkan peluang bertahan hidup.

4. Segera Pergi ke Lokasi Sekoci

Jika situasi darurat mengharuskan evakuasi kapal, segera pergi ke lokasi sekoci yang ditunjukkan atau ke tempat berkumpul yang telah ditentukan. Biasanya, kapal memiliki sekoci darurat yang tersedia untuk digunakan dalam situasi seperti ini.

BACA JUGA:Ternyata Ini Penyebab Mahasiswa Unsil Meninggal di Gunung Cakrabuana 1.721 Mdpl

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: