Iklan dempo dalam berita

Listrik Belum Normal, Warga Bengkulu, Sumatera Selatan dan Jambi Baca Penjelasan Kementerian ESDM Berikut

Listrik Belum Normal, Warga Bengkulu, Sumatera Selatan dan Jambi Baca Penjelasan Kementerian ESDM Berikut

Kondisi terbaru listrik di Bengkulu, Sumatera Selatan dan Jambi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMListrik belum normal, warga Bengkulu, Sumatera Selatan dan Jambi baca penjelasan Kementerian ESDM berikut.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) menyatakan pemadaman total listrik atau blackout yang terjadi di sejumlah wilayah di Pulau Sumatera hampir teratasi.

Hal itu disampaikan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Hutajulu. Tak hanya itu, Jisman juga menuturkan jika ia belum mendapatkan informasi yang lengkap mengenai apa yang menyebabkan gangguan listrik tersebut.

BACA JUGA:Warga Semarang Bersiap, Ini Jadwal Pemadaman Listrik 6 Juni 2024, Cek Lokasi yang Terdampak

Ia mengatakan, relay yang berfungsi untuk mengendalikan aliran listrik bekerja dengan baik sehingga ketika terdapat gangguan, aliran listrik pun terputus. Jisman juga meminta kepada PLN untuk melalukan mitigasi agar ke depan kejadian blackout tidak terulang. 

Sebelumnya, PT PLN (Persero) mengerahkan 130 personel untuk memperbaiki gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuklinggau-Lahat, yang berdampak pada sistem kelistrikan di wilayah kerja Sumatera Selatan, Jambi, hingga Bengkulu.

Tak hanya itu, Manajer Komunikasi dan TJSL Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan Jambi dan Bengkulu, Iwan Arissetyadhi juga menuturkan jika mereka tengah bergerak cepat mengatasi gangguan kelistrikan yang terjadi pada sejumlah jaringan transmisi di Pulau Sumatera dengan mengerahkan sebanya 130 personel gabungan.

BACA JUGA:Listrik Belum Normal, Berikut Pengumuman dari PLN Jadwal Pemadaman Hari Ini

Iwan menegaskan, saat ini personel tengah fokus untuk menormalkan kembali jaringan listrik yang terganggu tersebut.

Dan progress ini sudah mencapai 90 persen normalisasi blackout (pemadaman total) akibat gangguan transmisi SUTT 275 kV Lubuklinggau-Lahat yang terjadi pada Selasa, 4 Juni 2024.

Iwan menegaskan, apabila listrik sudah benar-benar kembali pulih dan normal, pihaknya tentu akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan penyelidikan penyebab blackout tersebut.

Sebelumnya, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Sumatera Barat masih investigasi penyebab utama padamnya listrik secara total atau blackout yang terjadi pada Selasa, 4 Juni 2024 kemarin. Adapun padamnya listrik itu menimpa sekitar 600 ribu pelanggan di wilayah itu.

BACA JUGA:Ikut Program Pemutihan Pajak Kendaraan, Begini Cara Menghitung Jumlah Uang yang Harus Dibayar

Demikian disampaikan General Manager PLN UID Sumbar Eric Rossi Priyo Nugroho di Padang, Sumatera Barat, Rabu (5/6/2024), kejadiannya masih dalam investigasi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: