Iklan dempo dalam berita

Ini 6 Cara Cek Emas Palsu Atau Asli, Ketahui Agar Terhindar dari Penipuan

Ini 6 Cara Cek Emas Palsu Atau Asli, Ketahui Agar Terhindar dari Penipuan

Ini 6 Cara Cek Emas Palsu Atau Asli, Ketahui Agar Terhindar dari Penipuan--foto:ist

4. Gigitlah Emas 

Cara cek emas asli atau palsu selanjutnya adalah dengan cara menggigitnya. Emas asli biasanya lunak dan mudah dibentuk. Semakin tinggi kadar karatnya, emas pun akan makin lunak.

Jika kamu menggigit emas batangan dan terdapat bekas gigitan, berarti itu emas asli. Eits, tapi jangan terburu-buru membeli yah. Karena pengrajin emas palsu juga mencampurkan  timah pada bagian luar. Timah juga lunak mirip seperti emas. 

5. Cek ke Butik Logam Mulia

Jika kamu tidak mau ribet mengecek keaslian emas, bisa datang ke Butik Antam LM. Di sana terdapat petugas-petugas yang dapat mengecek keaslian dari logam mulia itu. Nantinya petugas akan memberitahukan apakah emas yang kamu bawa itu asli atau palsu. 

BACA JUGA:Awas Emas Palsu, Ini 10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu dengan Tepat

6. Gunakan  CertiEye    

Jika kamu masih kurang yakin cara cek emas asli atau palsu bisa menggunakan aplikasi CertiEye. Tapi kamu harus mendownload aplikasi tersebut di ponsel pintar. Di aplikasi itu akan memberikan informasi seasli apa emas yang ada di tanganmu itu.

Heboh Emas 109 Ton Emas Antam Palsu

Geger kasus adanya temuan 109 ton emas Antam palsu yang telah beredar sejak tahun 2010 hingga 2022.

109 ton emas Antam palsu tersebut merupakan hasil dari korupsi emas periode tahun 2010-2022 yang dilakukan enam orang General Manager Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia (UBPPLN) PT Antam Tbk.

Dalam postingan tersebut menunjukkan sebuah video konferensi pers Kejaksaan Agung terkait penetapan tersangka di kasus korupsi emas.

BACA JUGA:Miliki Cadangan Harta Karun Emas Mencapai 168,6 Juta Ton, Ternyata Ini Kualitas Emas Sumatera

"Tim penyidik menetapkan enam orang saksi sebagai tersangka," jelas Kuntadi selaku Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejagung.

"Mereka ada para General Manager Unit Bisnis Pengelolaan dan Pemurnian Logam Mulia pada periode kurun waktu 2010 hingga 2022,"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: