Iklan dempo dalam berita

10 Negara Penyumbang Harta Karun Nikel Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Urut Berapa?

 10 Negara Penyumbang Harta Karun Nikel Terbesar di Dunia, Indonesia Nomor Urut Berapa?

10 Negara Penyumbang Harta Karun Tambang Nikel Terbesar di Dunia--

Apakah kamu penasaran bagaimana cara penambangan nikel?

Sebelum mengetahui proses penambangan nikel, kamu perlu mengetahui bahwa ada beberapa jenis sistem penambangan yang bisa diterapkan untuk mengambil mineral dari dalam bumi, yaitu sistem tambang terbuka, sistem penambangan bawah tanah, sistem penambangan bawah air, dan sistem penambangan insitu.

BACA JUGA:Miliki Kandungan Nikel yang Berkualitas, Ini Daftar Perusahaan Nikel di Morowali

Umumnya, perusahaan-perusahaan tambang nikel, seperti PT Vale Indonesia atau PT Antam (Persero) Tbk, menerapkan sistem penambangan terbuka atau surface mining.

Berdasarkan buku Teknis Penambangan Nikel oleh Dzakir, dkk. (2023), adapun tahapan penambangan nikel, yang menerapkan sistem penambangan terbuka, adalah sebagai berikut:

1. Land Clearing atau Pembersihan Lahan

Proses penambangan nikel dimulai dengan land clearing atau pembersihan lahan. Tahapan ini penting dilakukan agar lokasi kegiatan penambangan bersih dari semak-semak, pepohonan kecil hingga besar, dan bongkahan-bongkahan batu yang dapat menghalangi pekerjaan.

BACA JUGA:Salah Satu Penyumbang Nikel Terbesar di Indonesia, Ini Daftar Perusahaan Nikel di Ternate

2. Pengupasan Tanah Pucuk

Setelah lahan dibersihkan, tanah pucuk atau top soil yang subur selanjutnya diambil dan ditimbun di area tertentu. Lokasi timbunan tanah pucuk tersebut dapat ditanami semak-semak atau rerumputan untuk mencegah terjadinya erosi.

Di samping itu, tanah pucuk juga disimpan supaya nantinya dapat dimanfaatkan untuk keperluan reklamasi lahan bekas tambang.

BACA JUGA:6 Investor Penggarap Harta Karun Nikel Terbesar di Indonesia, Maluku Mendominasi

3. Pengupasan Tanah Penutup

Tahapan penambangan nikel berikutnya adalah overburden removal atau pengupasan tanah penutup. Cara pengerjaannya bisa dengan backfilling digging atau beaching system.

Adapun tanah penutup sengaja diambil supaya nantinya kegiatan penggalian atau penambangan bijih nikel di lokasi dapat lebih mudah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: