Iklan dempo dalam berita

Tambang Emas di Solok Selatan yang Lokasinya Berbahaya dan Angker, Sering Makan Korban

Tambang Emas di Solok Selatan yang Lokasinya Berbahaya dan Angker, Sering Makan Korban

Tambang Emas di Solok Selatan yang Lokasinya Berbahaya dan Angker, Sering Makan Korban--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMtambang-emas di solok selatan yang lokasinya berbahaya dan angker, sering makan korban.

Barang tambang emas merupakan salah satu hasil tambang yang termasuk dalam golongan logam. Emas sendiri merupakan logam yang memiliki sifat lunak dan mudah untuk ditempa, sehingga banyak dijadikan sebagai perhiasan.

BACA JUGA:Sejarah Dua Tambang Emas di Bengkulu, Pernah Hasilkan Jutaan Ton

Dalam pertambangan, emas termasuk dalam hasil tambang golongan B, yakni barang tambang yang vital dan penting bagi kehidupan khalayak ramai. Emas berada di golongan B ini tidak sendirian, melainkan ditemani oleh perak, belerang, fosfat dan juga mangan.

Tambang Emas di Solok Selatan yang Lokasinya Berbahaya dan Angker

Solok Selatan adalah kabupaten yang terletak di timur Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada 2004 yang mencakup wilayah seluas 3.346,20 km persegi.

BACA JUGA:Bukan Emas, Ini 7 Tambang Penghasil Berlian di Indonesia, di Kalimantan Masih Mendominasi

Secara administratif, kabupaten ini berbatasan langsung dengan Provinsi Jambi di sebelah selatan dan dikelilingi oleh tiga kabupaten lain di Sumatera Barat dari barat ke timur, yakni Kabupaten Pesisir Selatan, Solok, dan Dharmasraya. Pusat pemerintahannya terletak di Padang Aro, sekitar 161 km dari pusat Kota Padang.

Meskipun baru diresmikan pada 2004, wacana pembentukan kabupaten ini telah ada sejak 1950-an. 

Wilayahnya mencakup kaki pegunungan Bukit Barisan di barat dan dataran rendah yang lebih luas di Timur. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, penduduk kabupaten Solok Selatan berjumlah 182.027 jiwa pada 2020.

BACA JUGA:Bukti Emas di Indonesia Berlimpah, Ini 8 Tambang Emas Terbesar di Indonesia Saat Ini

Bentang alam Solok Selatan bervariasi antara dataran rendah, perbukitan, dan dataran tinggi yang merupakan rangkaian dari pegunungan Bukit Barisan.

Lokasi Harta Karun Emas di Solok Selatan, Tempatnya Dikenal Angker dan Sangat Berbahaya

Provinsi Sumatera Barat, yang terletak di bagian barat Pulau Sumatera, menyumbang sekitar 3,58% dari total cadangan emas yang diperkirakan ada di Indonesia. Daerah Padang Aro, Solok, khususnya Solok Selatan, Sawulontho serta banyak daerah lain yang mengandung emas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: