Iklan dempo dalam berita

Mampu Sumbangkan 2,32 Persen Cadangan Emas, Ini Tambang Emas Terbesar di Sulawesi Tengah

Mampu Sumbangkan 2,32 Persen Cadangan Emas, Ini Tambang Emas Terbesar di Sulawesi Tengah

Tambang Emas Terbesar di Sulawesi Tengah--

BACA JUGA:Peta Persebaran Harta Karun Uranium di Indonesia, 4 Daerah Ini Simpan Cadangan Uranium

Penambangan Batu Hijau dibuka pada tahun 2000. Kala itu, di lokasi tersebut telah berhasil ditemukan emas mentah sebanyak 2,77 juta ons. Pada tahun 2005 pun tercatat ada 2,77 juta ton tembaga yang setiap tonnya mengandung 0,69 gram emas.

Produk emasnya telah mencapai 100 kilo ons, sedangkan tembaganya 197 juta pon. Pada akhir 2020 hingga awal 2021, PT Amman Mineral pun menjalankan tahap terakhir atau fase tujuh penambangan di Batu Hijau yang menghasilkan 4,12 juta ons emas dan tembaga sebanyak 4,47 miliar pon.

BACA JUGA:Selain Emas, Ternyata Kalimantan Punya Harta Karun Uranium, Segini Jumlahnya

Selain itu, Pulau Sumbawa di Nusa Tenggara Barat termasuk daerah tambang emas terbesar kedua setelah Tembagapura. 

Akan tetapi, terdapat juga sumber daya mineral lainnya di daerah Dompu, hingga pada tahun 2020 pun akhirnya dibuka tambang emas bawah tanah yang mulai dioperasikan oleh PT Sumbawa Timur Mining (STM).

PT STM merupakan perusahaan patungan antara Eastern Star Resources Pty Ltd, anak perusahaan Vale SA, dan PT Antam Tbk. 80 persen saham PT STM dimiliki oleh Eastern dan 20 persen milik Antam.

BACA JUGA:Mengenal Jenis Minyak Bumi dan Kegunaannya, Ternyata Ini Daerah Penghasil Harta Karun Minyak Bumi di Indonesia

6. Pongkor, Bogor, Jawa Barat

Siapa sangka wilayah yang paling dekat dengan Jakarta dan padat penduduk ini juga memiliki timbunan emas. Gunung Pongkor yang berada di Nanggung, Bogor merupakan salah satu tambang emas milik PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Berawal dari perusahaan Antam yang menyuruh tim geologinya melakukan survei pencarian logam dasar pada tahun 1989. Alih-alih menemukan logam, mereka justru menemukan emas saat melakukan eksplorasi. 

BACA JUGA:Surganya Sumber Daya Tambang, Sulawesi Selatan Simpan Harta Karun Emas Kelas Dunia, Ini Lokasinya

Antam pun menjadi perusahaan pertama yang menambang emas di salah satu puncak rangkaian perbukitan yang menyatu dengan Gunung Haliman-Salak tersebut pada 1992.

Di atas lahan konsesi tambang seluas 6.042 hektar, Antam membangun 7 terowongan untuk penambangan. Meskipun saat ini hanya 3 terowongan yang difungsikan lantaran cadangan emas yang mulai menipis.

Setiap harinya, Antam menargetkan sedikitnya 1.200 ton material mineral ore yang dapat diangkut keluar untuk diproses. Produksi emas Pongkor berkisar 1,5-2 ton (48.226-64.301 ons) per tahun. Satu ons setara dengan 280 gram.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: