Iklan dempo dalam berita

Ini Kabupaten di Sulawesi Tengah yang Simpan Harta Karun Batu Bara, Sumber Daya dan Cadangan Melimpah

Ini Kabupaten di Sulawesi Tengah yang Simpan Harta Karun Batu Bara, Sumber Daya dan Cadangan Melimpah

Harta karun batu bara di Sulawesi Tengah--

Masih di Kabupaten Buol, di Desa Pinamula Airpanas, Kecamatan Momunu, ditemukan sisipan lensa batu bara pada tufa vulkanik dengan ketebalan sekitar 0,5 meter, dan memiliki kadar sekitar 5.967 kkal, menempati luas di bawah 500 hektare.

Batu bara merupakan jenis sedimen yang dapat terbakar dan merupakan salah satu bahan bakar fosil yang paling banyak digunakan dalam berbagai industri.

Dengan potensi yang begitu luas dan beragam di Sulawesi Tengah, batu bara menjadi salah satu faktor penting dalam pembangunan industri dan perekonomian di wilayah tersebut.

BACA JUGA:Berencana Pinjam Uang Rp 50 Juta di Pegadaian Jaminan BPKB? Ini Aturan Kendaraan yang Bisa Digadaikan

Tingginya kandungan senyawa dalam batu bara membuatnya mudah terbakar. Batu bara ini merupakan batuan fosil yang telah terbentuk secara alami lebih dari 340 juta tahun yang lalu.

Berikut ini 5 fungsi batu bara dalam kehidupan sehari-hari:

1. Pembangkit Listrik Tenaga Uap

Salah satu penggunaan utama batu bara adalah sebagai bahan bakar dalam pembangkit listrik tenaga uap. Batu bara digunakan untuk menghasilkan uap yang kemudian digunakan untuk menggerakkan turbin, yang menghasilkan energi listrik.

BACA JUGA:200 Tahun Traktat London, Gubernur Rohidin: Pembangunan Infrastruktur Jadikan Bengkulu Wilayah Strategis

2. Industri Manufaktur

Batu bara juga digunakan dalam berbagai industri manufaktur. Dalam proses pembuatan baja, batu bara digunakan sebagai bahan bakar dalam peleburan dan pengolahan besi. Selain itu, batu bara juga digunakan dalam produksi semen, kertas, dan berbagai produk kimia.

3. Penggunaan Rumah Tangga

Meskipun batu bara jarang digunakan dalam penggunaan rumah tangga sehari-hari, masih ada beberapa fungsi kecil yang terkait. Contohnya adalah dalam sistem pemanas dan perapian tradisional yang menggunakan batu bara sebagai bahan bakar.

BACA JUGA:Jangan Disimpan, Katanya Benda Ini Pembawa Sial di Dalam Rumah, Apa Saja?

4. Transportasi

Batu bara juga memiliki peran dalam industri transportasi. Meskipun kendaraan bermotor saat ini menggunakan bahan bakar minyak fosil, batu bara digunakan dalam produksi baja yang membentuk kerangka dan struktur kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: