Iklan dempo dalam berita

Ini Lokasi Persis Cadangan Tambang Lithium di Jawa Tengah, Potensinya 1.000 PPM

Ini Lokasi Persis Cadangan Tambang Lithium di Jawa Tengah, Potensinya 1.000 PPM

Lokasi Cadangan Tambang Lithium di Jawa Tengah--

Lokasi Bledug Kuwu bisa ditempuh sejauh 28 km dari pusat Kota Purwodadi, ibu kota dari Grobogan, mengarah ke timur, tepatnya di Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan.

Secara etimologi, nama Bledug Kuwu berasal dari Bahasa Jawa, yaitu bledug yang berarti ledakan atau meledak dan kuwu yang diserap dari kata kuwur yang berarti lari, kabur, atau berhamburan.

BACA JUGA:Akhir Duka Warga Bengkulu Tengah, Ditemukan Dalam Kondisi yang Tidak Lazim

Sebagai informasi tambahan berikut ini berbagai potensi sumber daya alam yang dimiliki Indonesia:

1. Potensi Hutan
Selain menjadi paru-paru dunia dan penopang air agar tidak terjadi erosi, hutan merupakan salah satu potensi terbesar di Indonesia. Mengutip buku Explore Ilmu Pengetahuan Sosial Jilid 2 oleh Dwi Sumpani Wati, menurut Kementerian Perhutanan (2011), Indonesia memiliki potensi sumber daya hutan mencapai 99,6 hektar atau sekitar 52,23 % dari seluruh wilayah Indonesia.

Luasnya hutan Indonesia masih bisa dijumpai di Kalimantan, Papua, Sulawesi dan Sumatera. Menurut laman Kemdikbud, Indonesia pun tercatat menjadi pengekspor kayu terbesar di dunia. Selain itu, hutan juga sumber pangan dan obat-obatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA:Cara Mengajukan KUR BRI Secara Online, Pinjaman Rp 30 Juta Cicilan Mulai Rp 500 Ribuan

2. Potensi Laut
Luas laut di Indonesia mencapai dua per tiga dari keseluruhan wilayahnya. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia memiliki sumber daya kelautan yang begitu besar.

Menurut FAO (Food and Agricultural Organization), potensi lestari sumber daya laut berupa perikanan tangkap di Indonesia mencapai sekitar 6,5 juta ton/tahun dengan tingkat pemanfaatan sekitar 5,71 ton/tahun. Ada juga kerang mutiara, rumput laut dan karang yang bisa dijadikan potensi kelautan di Indonesia. Jumlah dan kualitas mutiara di Indonesia juga tidak perlu diragukan lagi.

BACA JUGA:Akhir Duka Warga Bengkulu Tengah, Ditemukan Dalam Kondisi yang Tidak Lazim

3. Potensi Tambang
Indonesia juga kaya dengan sumber daya tambang, baik di laut maupun di darat. Hasil tambang di Indonesia pun menjadi tumpuan ekonomi bagi masyarakat begitu penting untuk menunjang aktivitas kehidupan manusia sehari-hari.

Salah satu contoh potensi sumber daya tambang adalah minyak bumi yang sangat dibutuhkan sebagai bahan bakar kendaraan bermotor. Minta bumi juga masih dipakai pemerintah untuk menjalankan pembangkit listrik

Adapun contoh dari sumber daya tambang di Indonesia lainnya adalah gas bumi, gas alam, batu bara, bauksit, pasir besi, emas, timah, tembaga, nikel, mangan, belerang, aspal hingga yodium.

BACA JUGA:Makin Kece aja si Vivo! Ini 10 Daftar Hp Vivo Terbaru Mei 2024 dan Harganya

4. Potensi Tanah
Tanah sangatlah dibutuhkan manusia untuk kehidupan, baik untuk bercocok tanam, pembangunan atau jalan. Tanah di Indonesia pada umumnya cocok untuk ditumbuhi tumbuhan seperti padi, jagung, kayu jati dan lain sebagainya.

Sebagian besar lahan di Indonesia menghasilkan kualitas pertanian yang baik untuk diperdagangkan. Indonesia sendiri menjadi negara penghasil kelapa sawit, tembakau, kakao, dan juga rempah-rempah terbesar di dunia. Tak hanya itu, sektor peternakan Indonesia juga mempunyai potensi ekspor yang baik dalam produksi kulit olahan.

BACA JUGA:Biar Ngga Salah Pilih! Ini Ciri-ciri Alpukat Mentega yang Matang dan Legit

5. Potensi Air
Selain untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari manusia, seperti minum hingga mandi, air juga bisa digunakan sebagai pembangkit listrik. Mengutip laman Kemenkeu, aset sumber daya air berupa infrastruktur yang terdapat di Indonesia di antaranya jaringan irigasi, bendungan, waduk, pintu air, tanggul laut/tanggul dan tebing jalan.

6. Potensi Udara
Udara begitu penting untuk kelangsungan makhluk hidup. Selain untuk bernapas, udara juga dibutuhkan tumbuhan dalam proses fotosintesis. Nantinya, hasil dari fotosintesis yang berupa bahan makanan dan oksigen bisa dinikmati oleh manusia atau hewan.

BACA JUGA:Ini Nih Cara Negosiasi Gaji dengan HRD saat Melamar Kerja agar Terpenuhi! Fiks Wajib Dicoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: