Iklan dempo dalam berita

Hasilkan 260 Ribu Barel Perhari, Ini Titik Lokasi Harta Karun Tambang Minyak di Kalimantan Timur

Hasilkan 260 Ribu Barel Perhari, Ini Titik Lokasi Harta Karun Tambang Minyak di Kalimantan Timur

Titik Lokasi Harta Karun Tambang Minyak di Kalimantan Timur--

Pada tahun 2020, Kalimantan Timur berhasil menurunkan emisi karbon sebesar 30 juta ton setara CO2 dalam setahun. Kemudian menerima pembayaran sebesar US$ 20,9 juta atau Rp 320 miliar dari Bank Dunia.

BACA JUGA:Tak Habis-habis! Segini Potensi Harta Karun Tambang di Kalimantan Barat

Kalimantan Timur merupakan provinsi yang memiliki potensi besar dalam bidang energi. Namun juga memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga lingkungan. Dengan mengelola sumber daya alam secara bijak dan berkelanjutan.

Kalimantan Timur dapat menjadi contoh bagi provinsi lain di Indonesia dalam menciptakan keseimbangan antara pembangunan ekonomi dan pelestarian alam.

BACA JUGA:Pegang Harta Karun Hitam! Ini 7 Pengusaha Batu Bara Terkaya di Indonesia, Kantongnya Berisi Rp 44,41 Triliun

Kalimantan Timur merupakan satu dari 5 provinsi di Pulau Kalimantan. Ibu Kota Kalimantan Timur adalah Samarinda. Luas wilayah Provinsi Kalimantan Timur mencapai 127.267,52 km2 daratan dan 25.656 km2 laut. Wilayah Kaltim terbagi dalam 10 kota dan kabupaten

Letak geografis Kalimantan Timur berada di antara 113º44’ Bujur Timur dan 119º00’ Bujur Timur serta diantara 2º33’ Lintang Utara dan 2º25’ Lintang Selatan.

BACA JUGA:Indonesia Miliki Harta Karun Melimpah, Catat! Ini Daftar 15 Perusahaan Tambang di Kalimantan

Di peta, lokasi provinsi Kalimantan Timur terlihat menempati sebagian sisi timur Pulau Kalimantan. Kaltim dikenal sebagai provinsi yang kaya dengan barang tambang dan sumber daya hutan.

BACA JUGA:Kalimantan Selatan Surga Bagi Pemburu Harta Karun Emas, Ini Titik Lokasinya

Kaltim berbatasan dengan Selat Makasar dan Laut Sulawesi (Sebelah Timur), Provinsi Kalimantan Selatan (Sebelah Selatan), Provinsi Kalimantan Tengah (Sebelah Barat), serta Provinsi Kalimantan Barat dan Negara Bagian Serawak Malaysia Timur (Sebelah Utara).

Wilayah Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara, juga akan menjadi lokasi Ibu Kota Indonesia yang baru, yakni IKN Nusantara.

BACA JUGA:Wow! Ini 4 Orang Crazy Rich Karena Harta Karun Hitam, Mereka Sukses Jadi Pengusaha Batu Bara di Kalimantan

Lokasi IKN sekitar 72 km dari Balikpapan, kota terbesar kedua di Kalimantan Timur. Sementara itu, dari Samarinda, jarak IKN Nusantara sekitar 95 km.

Provinsi Kalimantan Timur memiliki kekayaan sumber daya alam berupa tambang dan hasil hutan yang sebagiannya menyokong perolehan devisa negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: