Iklan dempo dalam berita

Harta Karun Bauksit Indonesia Terbesar Ke-6 di Dunia, Ini Titik Lokasinya, Cek Daerah Anda

Harta Karun Bauksit Indonesia Terbesar Ke-6 di Dunia, Ini Titik Lokasinya, Cek Daerah Anda

Jumlah cadangan bauksit Indonesia dan lokasinya--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Harta karun bauksit Indonesia terbesar Ke-6 di dunia, ini titik lokasinya, cek daerah Anda.

Bauksit, sebagai komoditas tambang, memiliki potensi untuk diolah menjadi produk bernilai tambah yang signifikan dan diminati oleh berbagai pihak.

Ini karena kemampuannya untuk dijadikan alumina, yang selanjutnya dapat diubah menjadi logam aluminium yang memiliki beragam aplikasi.

BACA JUGA:Cadangan Harta Karun Batu Bara di Bengkulu Bisa Bertahan hingga 20 Tahun Lagi, Segini Jumlahnya

Logam aluminium ini dapat digunakan dalam berbagai industri seperti konstruksi, manufaktur mesin, transportasi, kelistrikan, kemasan, serta berbagai produk tahan lama lainnya.

Indonesia, dengan cadangan bauksit terbesar keenam di dunia, memiliki kesempatan besar untuk memanfaatkan potensi ini secara maksimal.

Hal ini tidak hanya berarti menjual bauksit mentah, tetapi juga menghasilkan produk jadi dengan nilai tambah yang jauh lebih tinggi. 

BACA JUGA:Rincian Besaran Insentif Kartu Prakerja Gelombang 67, Simak Juga Cara Cairkan Insentif Prakerja

Data dari Booklet Bauksit 2020 Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menunjukkan bahwa Indonesia memiliki jumlah cadangan bauksit sebesar 1,2 miliar ton, menyumbang 4% dari total cadangan dunia sebesar 30,39 miliar ton.

Meskipun Guinea merupakan pemilik cadangan bauksit terbesar di dunia dengan 24%, Indonesia masih memiliki peran yang signifikan dengan 6% dari total cadangan dunia.

Data Kementerian ESDM juga menunjukkan bahwa jumlah sumber daya bijih terukur bauksit Indonesia mencapai 1,7 miliar ton, dengan cadangan terbukti sebesar 821 juta ton.

BACA JUGA:Tips Lolos Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 67, Dibuka Sebentar Lagi

Direktur Pembinaan Program Minerba Kementerian ESDM, Sunindyo Suryo, menyatakan bahwa cadangan bijih bauksit Indonesia bahkan dapat mencukupi untuk 78 tahun ke depan.

Namun, untuk memastikan kelangsungan cadangan ini, eksplorasi yang terus-menerus diperlukan guna meningkatkan cadangan dan memperpanjang umur cadangan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: