Iklan dempo dalam berita

Mana yang Paling Oke? Berikut Perbedaan dan Kelebihan Layar OLED vs IPS pada Laptop

Mana yang Paling Oke? Berikut Perbedaan dan Kelebihan Layar OLED vs IPS pada Laptop

Layar OLED vs IPD pada Laptop--ist

1. Tingkat Kontras

Layar OLED dapat menampilkan tingkat kontras yang lebih tinggi dibandingkan layar IPS. OLED menyajikan tingkat kontras yang lebih tinggi daripada layar IPS. 

Hal ini karena setiap piksel OLED dapat menyala sendiri, sehingga dapat menyajikan warna hitam yang lebih pekat dan warna yang realistis. Ini juga berarti bahwa OLED dapat menampilkan rasio kontras yang lebih tinggi, yaitu rasio antara piksel yang paling terang dan piksel yang paling gelap.

Sementara IPS menawarkan reproduksi warna yang tajam dan sudut pandang yang luas, serta memiliki tampilan yang cerah dan jelas. 

Di sisi lain, layar IPS tidak dapat menampilkan warna hitam yang lebih gelap sebagaimana OLED, ini karena rasio kontras IPS lebih rendah.

BACA JUGA:Posisi Tahi Lalat yang Dipercaya Membawa Keberuntungan, Nomor 4 Tidak Dimiliki Semua Orang

2. Tingkat Akurasi Warna

Layar OLED mampu menghasilkan tampilan gambar yang lebih hidup karena setiap piksel OLED dapat menyala dengan warna sesuai sinyal yang diterima. Perbedaan tingkat akurasi warna tersebut tidak dapat dilepaskan dari teknologi yang digunakan oleh keduanya.

Dengan begitu, akurasi warna OLED jelas lebih tinggi dari layar IPS. Ini karena setiap piksel dapat dihidupkan dan dimatikan secara otomatis sehingga mampu menyuguhkan warna yang lebih hidup dan tingkat kontras lebih tinggi.

Sedangkan IPS menggunakan lapisan yang ditempatkan di atas piksel yang ditujukan untuk pemerataan cahaya yang ditampilkan layar. Oleh sebab itu, IPS memiliki tingkat kontras yang lebih rendah.

3. Otomatis Menyalakan dan Mematikan Piksel

Dalam hal ini, layar IPS tertinggal dari layar OLED. Itu karena layar OLED memiliki kemampuan untuk menyalakan atau mematikan setiap piksel secara otomatis. 

Dengan begitu, layar OLED dapat menyajikan latar belakang atau background yang lebih gelap di sekeliling objek gambar yang ada. Sementara layar IPS tidak dapat menghasilkan latar belakang yang lebih gelap sebagaimana OLED.

BACA JUGA:Daftar 10 Motor Honda Terbaru 2024 dan Harga OTR, Lengkap dengan Sejumlah Spesifikasi Unggulan

4. Angle View

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: