Iklan dempo dalam berita

Jangan Lihat Matahari Secara Langsung Tanggal 20 April 2023, Ini Bahayanya

Jangan Lihat Matahari Secara Langsung Tanggal 20 April 2023, Ini Bahayanya

Ilustrasi. Gerhana matahari--

BACA JUGA:Ada 153 Calon Jemaah Haji Bengkulu Cadangan, Silakan Dicek Namanya

Pada GMT 2023 ini lintasan bayangan inti (umbra) Bulan di permukaan Bumi akan melewati sebagian wilayah Indonesia bagian timur. Johan menjelaskan durasi GMT di titik ini berlangsung selama 1 menit 16 detik.

"Sebagian besar lintasan jalur GMT 2023 melewati wilayah lautan seperti Laut Timor dan Laut Banda. Daratan yang dilalui jalur GMT ini yaitu sebagian Timor Leste dan beberapa daerah di Papua Barat," dikutip dari laman BRIN, Sabtu (25/3).

BACA JUGA:Ini 82 Nama Calon Jemaah Haji Bengkulu Prioritas Lansia

Beberapa wilayah yang akan dilalui GMT 2023: Kab. Fak fak, Kab. Teluk Bintuni, Kab. Teluk Wondama, Kab. Kepulauan Yapen, dll. Prakiraan penampakan GMT 2023 di Biak dimulai pada 12.20 WIT, puncak GMT terjadi pada 13.57 WIT

Sedangkan di Jakarta gerhana matahari sebagian dimulai pada 09.29 WIB dan puncaknya pada 10.45 WIB.

 

Dampaknya 

Anggota tim Astrofotografi Universitas Brawijaya Eka Maulana mengungkapkan fenomena ini berpotensi menyebabkan beberapa dampak. 

BACA JUGA:Ini 200 Nama CJH Bengkulu Utara yang Berangkat Tahun Ini

Salah satunya berkurangnya intensitas radiasi inframerah matahari yang jatuh ke lapisan ionosfer bumi. Sehingga jumlah foton yang merupakan gelombang elektromagnetik di atas bumi ikut menurun.

BACA JUGA:Daftar Nama Honorer (Bag.11) Se-Indonesia yang Berpeluang Diangkat ASN Tanpa Tes, Cek Nama Anda di Sini

Perubahan radiasi ini bisa dirasakan oleh makhluk hidup yang peka terhadap perubahan intensitas gelombang elektromagnetik seperti hewan melata, burung dan tanaman tertentu.

BACA JUGA:Daftar Nama Honorer (Bag.10) Se-Indonesia yang Berpeluang Diangkat ASN Tanpa Tes, Cek Nama Anda di Sini

Selain itu fenomena ini juga berdampak pada segala bentuk perubahan iklim, cuaca, maupun fenomena alam lainnya. Adapun manfaat lainnya fenomena ini bisa menjadi ladang wisata untuk mengunjungi spot-spot wisata pengamatan gerhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: