Iklan dempo dalam berita

Ini Makanan Lezat Khas Aceh yang Harus Ada Pas Lebaran, Apa saja? Yuk Cek di Sini

Ini Makanan Lezat Khas Aceh yang Harus Ada Pas Lebaran, Apa saja? Yuk Cek di Sini

Hidangan lebaran khas Aceh--

Terakhir, ada timphan dan seupet kuwet sebagai penganan ringan yang wajib ada di atas meja makan masyarakat Aceh ketika lebaran.

BACA JUGA:Ternyata Sudah Hadir Sejak Abad ke 15 di Era Kerajaan Demak, Ini Sejarah Ketupat Beserta Filosofinya

timphan adalah sejenis kue lunak dari bahan tepung, buah pisang, dan santan. Kemudian, seluruh bahan diaduk jadi satu sampai kenyal dan dibentuk memanjang yang di bagian dalamnya diisi kelapa parut atau srikaya. Selanjutnya, dibalut memakai daun pisang muda dan dikukus selama satu jam

3. Ayam Tangkap

Selain Mi Aceh, ada lagi menu ayam tangkap yaitu ayam goreng dibalut bumbu dan rempah seperti kemiri, lada, jahe, bawang putih, dan garam.

Ketika dimasak, ayam ditaburi irisan bawang merah, daun salam koja, daun pandan, dan cabai hijau sehingga aroma harumnya menyebar kuat menggoda selera.

Saat matang, menu ayam tangkap disajikan lengkap dengan daun pandan dan salam koja. Kalau untuk sajian berkuah pada momentum istimewa Lebaran di Aceh ada banyak ragamnya.

BACA JUGA:Sajian Identik saat Momen Lebaran, Begini Cara Membuat Ketupat Gurih untuk Lebaran

4. Gulai Bebek Kurma

Tak boleh ketinggalan mencoba gulai bebek kurma dengan campuran santan dan kaya akan rempah.

Kehadiran kurma di dalam gulai makin melengkapi cita rasa pedas dan gurih menjadi sedikit manis. Kuliner ini sudah mulai jarang ditemui di meja makan masyarakat di perkotaan Aceh saat Lebaran tiba.

5. Kuah Sayur Pliek U

Masakan lainnya yang mulai jarang disajikan saat menjamu tamu di hari Lebaran adalah kuah sayur pliek u. Ini adalah sajian sejenis gulai berbahan beragam sayuran dicampur bumbu rempah.

Pliek u sendiri adalah bumbu penyedap dari ampas kering parutan kelapa tua yang telah melalui beberapa kali fermentasi dan menghasilkan warna cokelat tua. Untuk sayurannya bisa dipilih daun dan buah melinjo, buah pepaya muda, labu jepang, dan lainnya.

BACA JUGA:Selain Burasa, Apa Saja 8 Makanan Lebaran Khas Sulawesi Saat Momen Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: