Iklan dempo dalam berita

Saatnya Mudik Lebaran, Ikuti Tips Ini Agar Rumah Tidak Dibobol Maling Saat Ditinggal Mudik

Saatnya Mudik Lebaran, Ikuti Tips Ini Agar Rumah Tidak Dibobol Maling Saat Ditinggal Mudik

Saatnya Mudik Lebaran, Ikuti Tips Ini Agar Rumah Tidak Dibobol Maling Saat Ditinggal Mudik--Foto: ist

Sebelum kamu bepergian apalagi dalam jangka waktu yang lama, kamu harus pastikan semua akses masuk atau keluar rumah telah terkunci dengan benar. Pintu utama, pintu samping atau pintu belakang pastikan telah terkunci rapat agar maling minder dan urung untuk membobol rumahmu.

Jika saat ini kunci rumahmu masih menggunakan model kunci biasa, kamu bisa menggantinya dengan model kunci smart lock atau yang dengan kata sandi. Fungsinya adalah agar tidak bisa dibobol dengan kunci replika.

BACA JUGA:Jangan Sampai Gagal Mudik Lebaran 2024! Ini Perlengkapan Wajib Mudik Naik Bus yang Perlu Kamu Siapkan

Selain pintu atau akses keluar-masuk, kamu juga harus pastikan jendela rumahmu sudah terkunci dari dalam dengan benar. Lebih baik lagi apabila jendelamu memakai terali besi agar jika didobrak paksa ada pengamanan tambahan.

2. Rumah aman dari maling, gunakan kamera pengawas

Tips selanjutnya agar rumah aman dari maling adalah gunakan kamera pengawas atau CCTV. Dengan penggunaan kamera pengawas, maling akan mengurungkan niat jahatnya karena gerak geriknya akan terpantau oleh kamera pengawas.

Pastikan kamu memasang kamera pengawas di sudut yang tepat. Jangan sampai terhalang benda atau tidak terlihat rekamannya. Atau kamu juga bisa menyembunyikan kamera pengawas di tempat yang tak terlihat, fungsinya agar tak dirusak maling untuk menghilangkan barang bukti.

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2024 Anti Pusing! Ini Obat Mabuk Perjalanan Paling Ampuh di Apotek

3. Pastikan penerangan rumah tercukupi

Cara agar meminimalkan risiko kemalingan saat rumah ditinggal dalam waktu lama adalah dengan memastikan pencahayaan di rumah tercukupi. Jangan terlalu terang dan jangan juga sampai gelap. Cahaya yang redup akan memancing pelaku kejahatan untuk mencoba membobol rumah.

Kamu bisa menyalakan lampu di halaman depan, pintu masuk, dan pada bagian rumah yang memiliki atau terlihat saja. Fungsinya agar gerak gerik maling akan terlihat. Pastikan area luar rumah atau pekarangan juga lampu penerangannya tetap hidup karena maling suka bersembunyi di tempat gelap.

BACA JUGA:Mudik Lebaran 2024 Anti Pusing! Ini Obat Mabuk Perjalanan Paling Ampuh di Apotek

4. Bersihkan pekarangan rumah

Membersihkan pekarangan rumah sebelum ditinggal mudik bisa mengurangi risiko kemalingan. Halaman yang terlihat kotor dengan barang-barang yang berserakan akan mengundang maling untuk membobol rumah karena menganggap rumah itu sudah kosong sejak lama.

Selain membersihkan pekarangan agar bersih, kamu juga bisa menaruh benda-benda. Seperti tangga, perkakas seperti palu, obeng, tang, yang lainnya ke gudang atau ke dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: