Iklan dempo dalam berita

Ingat Jangan Lalai! Ketahui Ini Perbuatan yang Bisa Mendatangkan Siksa Kubur

Ingat Jangan Lalai! Ketahui Ini Perbuatan yang Bisa Mendatangkan Siksa Kubur

Ingat Jangan Lalai! Ketahui Ini Perbuatan yang Bisa Mendatangkan Siksa Kubur--

Perbuatan zina bisa menciptakan siksa kubur selamanya. Allah SWT bersabda bahwa:

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنٰىٓ اِنَّهٗ كَانَ فَاحِشَةً ۗوَسَاۤءَ سَبِيْلًا

“Dan janganlah kamu mendekati zina; (zina) itu sungguh suatu perbuatan keji, dan suatu jalan yang buruk. (QS. Al-Isra’: 32)”

BACA JUGA:Sudah Ramai Bermunculan! Kenali Inilah 9 Ciri Wanita Akhir Zaman

3. Melakukan Riba

Riba adalah pengambilan harta pokok secara bathil. Perbuatan ini termasuk penyebab siksa kubur karena melakukan dosa. Riba sering kali dilakukan dalam hal hutang piutang. Sabda Allah berkata:

اَلَّذِيْنَ يَأْكُلُوْنَ الرِّبٰوا لَا يَقُوْمُوْنَ اِلَّا كَمَا يَقُوْمُ الَّذِيْ يَتَخَبَّطُهُ الشَّيْطٰنُ مِنَ الْمَسِّۗ ذٰلِكَ بِاَنَّهُمْ قَالُوْٓا اِنَّمَا الْبَيْعُ مِثْلُ الرِّبٰواۘ وَاَحَلَّ اللّٰهُ الْبَيْعَ وَحَرَّمَ الرِّبٰواۗ فَمَنْ جَاۤءَهٗ مَوْعِظَةٌ مِّنْ رَّبِّهٖ فَانْتَهٰى فَلَهٗ مَا سَلَفَۗ وَاَمْرُهٗٓ اِلَى اللّٰهِ ۗ وَمَنْ عَادَ فَاُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ النَّارِ ۚ هُمْ فِيْهَا خٰلِدُوْنَ

“Orang-orang yang memakan riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan karena gila. Yang demikian itu karena mereka berkata bahwa jual beli sama dengan riba. Padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba. Barangsiapa mendapat peringatan dari Tuhannya, lalu dia berhenti, maka apa yang telah diperolehnya dahulu menjadi miliknya dan urusannya (terserah) kepada Allah. Barangsiapa mengulangi, maka mereka itu penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya. (QS. Al-Baqarah: 275)”

BACA JUGA:Para Laki-laki Wajib Tahu! Ini Alasan Kenapa Islam Sangat Memuliakan Wanita

4. Bersikap Munafik

Tanpa disadari, sikap munafik atau bermuka dua sudah tertanam dalam diri manusia. Perbuatan munafik ini juga bisa membohongi Allah SWT. Sehingga Allah SWT dapat memberikan siksa kubur bagi orang munafik. Dalam surat At-Taubah tertulis:

وَمِمَّنْ حَوْلَكُمْ مِّنَ الْاَعْرَابِ مُنٰفِقُوْنَ ۗوَمِنْ اَهْلِ الْمَدِيْنَةِ مَرَدُوْا عَلَى النِّفَاقِۗ لَا تَعْلَمُهُمْۗ نَحْنُ نَعْلَمُهُمْۗ سَنُعَذِّبُهُمْ مَّرَّتَيْنِ ثُمَّ يُرَدُّوْنَ اِلٰى عَذَابٍ عَظِيْمٍ ۚ

“Dan di antara orang-orang Arab Badui yang (tinggal) di sekitarmu, ada orang-orang munafik. Dan di antara penduduk Madinah (ada juga orang-orang munafik), mereka keterlaluan dalam kemunafikannya. Engkau (Muhammad) tidak mengetahui mereka, tetapi Kami mengetahuinya. Nanti mereka akan Kami siksa dua kali, kemudian mereka akan dikembalikan kepada azab yang besar. (QS. At-Taubah: 101)”

BACA JUGA:Belum Terwujud untuk Menunaikan Ibadah Haji? Amalkan Amalan Sederhana ini yang Pahalanya Seperti Naik Haji

5. Sering Berbohong

Penyebab siksa kubur yang terakhir adalah sering berbohong. Perbuatan ini hampir sama dengan munafik. Bohong sering kali dilakukan oleh manusia. Walaupun berbohong demi kebaikan, tetapi berbohong atau berdusta tetaplah perbuatan dosa. Allah berfirman dalam surat Al-Mulk ayat ke-9:

قَالُوْا بَلٰى قَدْ جَاۤءَنَا نَذِيْرٌ ەۙ فَكَذَّبْنَا وَقُلْنَا مَا نَزَّلَ اللّٰهُ مِنْ شَيْءٍۖ اِنْ اَنْتُمْ اِلَّا فِيْ ضَلٰلٍ كَبِيْرٍ

“Mereka menjawab, “Benar, sungguh, seorang pemberi peringatan telah datang kepada kami, tetapi kami mendustakan(nya) dan kami katakan, “Allah tidak menurunkan sesuatu apa pun, kamu sebenarnya di dalam kesesatan yang besar.”(QS. Al-Mulk: 9)”.

BACA JUGA:Penyakit Non Medis! Ini Penjelasan Penyakit Ain Menurut Islam yang Dibenarkan Rasulullah SAW

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: