Iklan dempo dalam berita

Apa Benar Seluruh Umat Islam Bakal Masuk Surga? Yuk Simak Kebenarannya di Sini

Apa Benar Seluruh Umat Islam Bakal Masuk Surga? Yuk Simak Kebenarannya di Sini

Apa benar seluruh umat Islam akan masuk surga--

BACA JUGA:Cara Pinjam Uang Untuk Kebutuhan Lebaran di Kredit Tanpa Agunan Bank Mandiri, Ini Syaratnya

Umar Sulaiman Al-Asqar dalam Kitab Al Jannah Wan Naar mengatakan kaum mukmin akan berhenti di atas sebuah lengkungan di antara surga dan neraka. Di sana kaum mukmin akan disucikan dengan cara qishas (pembalasan setimpal).

Kaum mukmin mendapatkan pembalasan setimpal tersebut apabila ada hak yang terzalimi di antara kaum mukmin semasa hidup di dunia.

Menurut Umar Sulaiman Al-Asqar, hal itu dilakukan agar mereka masuk surga dalam keadaan suci dan bersih. Selain itu juga kaum mukmin tidak menanggung satu pun kezaliman terhadap orang lain dan tidak saling menuntut hak satu sama lain.

Tahapan pembersihan diri ini disebutkan dalam hadits yang dikeluarkan Imam Bukhari dalam Shahih-nya pada Kitab Ar-Riqaq bab Al-Qishash Yaum Al-Qiyamah dari Abu Sa'id al-Khudri, ia menceritakan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Orang beriman dikeluarkan dari neraka kemudian dihentikan di atas sebuah lengkungan di antara surga dan neraka. Lalu dilakukan qishash kezaliman di antara mereka satu sama lain, yang terjadi di dunia. Setelah dibersihkan dan disucikan, mereka diizinkan untuk masuk surga. Demi Dzat yang jiwa Muhammad ada di tangan-Nya, sungguh masing-masing mereka lebih mengetahui jalan menuju rumahnya di surga daripada jalan menuju rumahnya di dunia."

BACA JUGA:Biodata dan Profil Donny Kesuma, Aktor Senioar dan Atlet Softball yang Meninggal Dunia Selasa Malam

Namun, perlu diketahui bahwa Azab dari Allah itu sangat pedih, orang yang paling ringan siksaanya di Neraka Jahanam yaitu Abu Thalib, di Neraka Abu Thalib memakai sendal api kemudian otaknya mendidih.

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَهْوَنُ أَهْلِ النَّارِ عَذَابًا أَبُو طَالِبٍ، وَهُوَ مُنْتَعِلٌ بِنَعْلَيْنِ يَغْلِي مِنْهُمَا دِمَاغُهُ

”Penduduk neraka yang paling ringan siksanya adalah Abu Thalib. Dia diberi dua sandal yang menyebabkan otaknya mendidih.”

[HR. Ahmad 2636, Muslim 212, dan yang lainnya]

Kalian saja apabila dihadapkan hanya dengan lilin yang menyala, kemudian jari kalian mendekati api lilin itu, jari kalian sudah merasakan sakit. Sakitnya luar biasa, apalagi jika engkau dihadapkan dengan api Neraka Jahanam.

BACA JUGA:8 Langkah dan Cara Mengajukan Pinjaman Baznas yang Cocok untuk Modal Usaha Para Pelaku UMKM

Dalam agama Islam, surga bukanlah tempat yang mudah untuk dicapai. Untuk mencapai surga, setiap muslim harus beriman dan beramal saleh sepanjang hidupnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: