Iklan dempo dalam berita

Berikut 10 Amalan di Bulan Ramadhan, Kerjakan untuk Menambah Pahala

Berikut 10 Amalan di Bulan Ramadhan, Kerjakan untuk Menambah Pahala

10 amalan untuk bulan ramadhan--

2. Menyegerakan berbuka puasa 

Amalan selanjutnya adalah menyegerakan berbuka sebelum shalat maghrib. Saat pertama berbuka, sunnahnya dilakukan dengan kurma. Jika tidak ada, hendaknya dengan air, berdasarkan sabda Rasulullah

 إِذَا كَانَ أَحَدُكُمْ صَائِمًا، فَلْيُفْطِرْ عَلَى التَّمْرِ، فَإِنْ لَمْ يَجِدِ التَّمْرَ، فَعَلَى الْمَاءِ فَإِنَّ الْمَاءَ طَهُورٌ  

Artinya: “Jika salah seorang berpuasa, hendaknya ia berbuka dengan kurma. Jika tidak ada kurma, maka dengan air. Sebab, air itu menyucikan,” (HR Abu Dawud).   

Urutan sebaiknya adlah pertama dengan kurma basah (ruthab) jika ada. Jika tidak, maka dengan kurma kering (tamar). Jika tidak, maka dengan air. Hal ini sebagaimana dicontohkan Rasulullah saw yang selalu berbuka dengan kurma basah. Jika tidak ada, beliau berbuka dengan kurma kering. 

Jika tidak ada, beliau berbuka dengan air putih. Bagaimana seandainya tidak ada kurma dan air, yang ada misalnya madu dan susu, maka dahulukanlah madu walaupun sama-sama manis.  

BACA JUGA:Rp15 Juta Pinjaman Online Langsung Cair Tanpa Ribet, Ikuti 3 Langkah Pengajuan di Easycash

3. Membaca doa berbuka puasa 

Adapun doa berbuka puasa adalah sebagai berikut.  

 اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلَتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اِغْفِرْ لِي اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ    Allahumma laka shumtu wa 'ala rizqika afthartu, wa bika amantu, wa bika 'alaika tawakkalatu, dzahabadzh dzhama-u wabtalatil-'uruqu wa tsabatal-ajru insyaa-Allah. Ya wasi'al-fadhli ighfirli alhamdulillahilladzi hadani fashumtu, wa razaqani fa-afthartu Baca Juga Keistimewaan Bulan Ramadhan dan Doa-doa Pilihan Artinya, "Ya Allah, hanya untuk-Mu aku berpuasa. Dengan rezeki-Mu aku membatalkannya. Kepada-Mu aku berpasrah. Dahaga telah pergi. Urat-urat telah basah dan Insyaallah pahala sudah tetap. Wahai Dzat Yang Luas Karunia, ampuni aku. Segala puji bagi Tuhan yang memberi petunjuk padaku, lalu aku berpuasa. Dan segala puji Tuhan yang memberiku rezeki, lalu aku membatalkannya."  

4. Mandi besar  

Mandi besar dari junub, haid, atau nifas dilakukan sebelum terbit fajar agar bisa menunaikan ibadah dalam keadaan suci, di samping khawatir masuk air ke mulut, telinga, anus, dan sebagainya jika mandi setelah fajar. 

5. Menjaga lisan 

Menjaga lisan dari perkara-perkara yang tak berguna, apalagi perkara haram, seperti berbohong dan mengumpat. Sebab, semuanya akan menggugurkan pahala puasa. 

BACA JUGA:Cicilan Mobil Xenia DP Rp30 Juta Tenor 5 Tahun, Miliki Mobil MPV Bahan Bakar Irit, Angsuran Mulai Rp3,4 Juta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: