Iklan dempo dalam berita

Ternyata Kolang-kaling Punya Manfaat Gizi yang Istimewa, Berikut Cara Konsumsi Kolang Kaling untuk Tulang

Ternyata Kolang-kaling Punya Manfaat Gizi yang Istimewa, Berikut Cara Konsumsi Kolang Kaling untuk Tulang

Cara konsumsi kolang kaling yang bermanfaat untuk tulang--

Kolang-kaling sendiri merupakan biji dari pohon aren atau enau (Arengan Pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kandungan gizi kolang-kaling, disarankan untuk mengolahnya hanya dengan cara direbus hingga empuk saja.

BACA JUGA:Apa Syarat Pengajuan KUR Mandiri 2024? Ini Rincian Syaratnya, Pinjam Rp 20 Juta Cicilan Rp 300 Ribuan

Berikut beberapa langkah untuk merebus kolang-kaling agar kandungan gizinya tidak hilang:

1. Rendam kolang-kaling dengan air beras. Cuci bersih daging buah kolang-kaling beberapa kali, lalu rendam selama kurang lebih 30 menit.

2. Setelah itu, rebus air hingga mendidih dalam sebuah panci bersih. Tambahkan air secukupnya ke dalam panci dan biarkan mendidih.

3. Setelah air mendidih, masukkan daging buah kolang-kaling yang telah direndam ke dalam panci. Rebus daging buah kolang-kaling selama sekitar 15 menit, kemudian angkat dan tiriskan.

4. Alternatif lainnya, rebus kolang-kaling dari air dingin sampai empuk. Caranya adalah dengan merebus kolang-kaling dalam air yang masih dingin hingga mendidih, dengan mengatur api kompor kecil.

BACA JUGA:Berapa Limit Pinjaman Livin Mandiri? Begini Cara Mudah Pinjam Rp 50 Juta Langsung Cair Tanpa Agunan

5. Selama proses perebusan, tambahkan sedikit gula ke dalam air rebusan daging buah kolang-kaling. Air gula tidak hanya menambah cita rasa nikmat, tetapi juga berfungsi untuk mengawetkan kolang-kaling secara alami.

6. Kolang-kaling yang direbus dengan air dan sedikit gula akan memberikan rasa segar karena mengandung banyak air, dan ditambah dengan sedikit gula saja sudah menjadi lezat untuk dinikmati.

Dengan cara pengolahan yang tepat, Anda akan mendapatkan manfaat maksimal dari kandungan gizi kolang-kaling tanpa harus khawatir akan tambahan pemanis yang berlebihan.

Demikian informasi mengenai cara konsumsi kolang kaling untuk tulang. Kolang kaling bukan hanya sekadar buah yang menyegarkan, tetapi juga memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan tulang. 

BACA JUGA:KUR BRI 2024 Syaratnya Apa saja? Berikut Ketentuan dan Simulasi Angsuran Pinjaman Rp 10-30 Juta

Dengan mengandung mineral penting seperti kalsium dan fosfor, kolagen, senyawa antiinflamasi, dan antioksidan, kolang kaling dapat membantu menjaga kesehatan tulang Anda dan mencegah berbagai kondisi tulang yang tidak diinginkan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: