Iklan dempo dalam berita

Yuk Diingat Lagi, Ini Niat Sholat Idul Fitri serta Tata Cara dan Hukumnya

Yuk Diingat Lagi, Ini Niat Sholat Idul Fitri serta Tata Cara dan Hukumnya

Niat dan tata cara sholat Idul Fitri--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMYuk diingat lagi, ini niat sholat Idul Fitri serta tata cara dan hukumnya.

Solat Idul Fitri adalah sholat shalat yang dilaksanakan oleh umat Muslim pada Hari Raya Idul Fitri, untuk itu penting! Ini doa niat sholat Idul Fitri serta tata cara dan hukumnya.

Sholat Idul Fitri memiliki makna dan pentingnya tersendiri dalam agama Islam. Selain menjadi momen yang paling dinantikan, sholat Idul Fitri juga merupakan bentuk ibadah berjamaah yang dilakukan secara khusus.

Momen Idul Fitri ini tidak hanya dikenal dengan tradisi kue lebaran dan silaturahmi, namun juga menekankan pada pelaksanaan sholat Idul Fitri yang dilakukan bersama umat Muslim.

BACA JUGA:Cara Cerdas Bayar Utang Pinjol Sampai Tuntas, Anti Galbay dan Selamat dari Teror Debt Collector

Sholat ini memiliki status hukum sunnah, yang berarti setiap Muslim yang melaksanakannya akan mendapatkan ganjaran lebih dari Allah SWT.

Keutamaan sholat Idul Fitri semakin bertambah jika dilakukan dengan mematuhi tata cara yang benar.

Salah satu elemen penting dalam melaksanakan sholat ini adalah dengan mengucapkan niat sesuai sunnah Rasulullah SAW.

Dengan demikian, sholat Idul Fitri tidak hanya menjadi bentuk ibadah, tetapi juga pelaksanaan yang sesuai dengan petunjuk yang telah ditetapkan.

BACA JUGA:Kredit Rush DP 100 Juta, Berapa Lama Tenor dan Besaran Angsuran Per Bulan untuk Memilikinya?

Pentingnya memahami tata cara dan melafalkan niat sholat Idul Fitri dengan benar menjadi bagian dari kekhusyukan dan ketaatan umat Muslim dalam merayakan momen istimewa ini.

Sholat tersebut sudah masyhur diriwayatkan secara mutawatir oleh umat Islam dari waktu ke waktu.

وصلاة العيد ركعتان لقول عمر رضى الله عنه صلاة الاضحى ركعتان وصلاة الفطر ركعتان وصلاة السفر ركعتان وصلاة الجمعة ركعتان تمام غير قصر على لسان نبيكم صلي الله عليه وسلم وقد خاب من افترى

Artinya, "Sholat Id terdiri atas dua rakaat berdasarkan perkataan Sayyidina Umar RA, 'Shalat Idul Adha dua rakaat. Sholat Idul Fitri dua rakaat. Shalat safar dua rakaat. Shalat Jumat dua rakaat, sempurna tanpa qashar (yang disampaikan) melalui lisan Nabimu SAW. Sungguh, sia-sialah orang yang mengada-ada,'" (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Majmu' Syarhul Muhadzdzab, [Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah: 2010 M], juz V, halaman 18)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: