Iklan dempo dalam berita

Muslim Wajib Tahu! Ini 7 Amalan Saat Turun Hujan, Selain Berdoa, Bisa Mengambil Berkah dari Air Hujan

Muslim Wajib Tahu! Ini 7 Amalan Saat Turun Hujan, Selain Berdoa, Bisa Mengambil Berkah dari Air Hujan

Muslim Wajib Tahu! Ini 7 Amalan Saat Turun Hujan, Selain Berdoa, Bisa Mengambil Berkah dari Air Hujan--Foto: ist

Sebagaimana diriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda, “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan, yakni pada saat bertemunya dua pasukan, menjelang shalat dilaksanakan, dan saat hujan turun.”

2. Tidak Mencela Hujan 

Hujan yang turun merupakan berkah Allah atas seluruh alam semesta. Karena itu, tak patut jika kita mencela hujan yang membawa rezeki. Terlebih, mencela hujan, berarti kita mencela Allah sebagai Pencipta hujan.

BACA JUGA:7 Amalan Jelang Bulan Puasa Ramadan yang Dianjurkan, Jangan Sampai Terlewat

3. Berdoa ketika Hujan Lebat 

Pada suatu waktu Nabi SAW pernah meminta untuk diturunkan hujan. Namun, ketika hujan turun begitu lebatnya, beliau memohon kepada Allah SWT untuk dikembalikan menjadi cuaca cerah. Dalam kondisi hujan lebat, Rasulullah memanjatkan doa kepada Allah.

4. Mengambil Berkah dari Air Hujan

Anas bin Malik RA berkata, “Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah saw. Lalu Rasulullah menyingkap bajunya sampai tersiram hujan. Kemudian kami mengatakan, ‘Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?’ Kemudian Rasulullah SAW bersabda, ‘Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.’”

Makna dari hadis itu menurut An Nawawi, bahwa hujan adalah rahmat yang baru saja diciptakan Allah SWT. karena itu Nabi saw bertabarruk (mengambil berkah) dari hujan tersebut.

BACA JUGA:Tata Cara dan Waktu yang Tepat Mengamalkan Sholawat Jibril, Amalan Penarik Rezeki Paling Ampuh

5. Berdoa ketika Mendengar Suara Petir

Ketika Abdullah bin Az Zubair mendengar suara petir, dia menghentikan pembicaraan, dan kemudian mengucapkan, “Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memujiNya karena rasa takut kepadaNya.”

6. Berwudhu dengan Air Hujan

Disebutkan, apabila air mengalir di lembah, Nabi SAW mengatakan, “Keluarlah kalian bersama kami menuju air ini yang telah dijadikan Allah sebagai alat untuk bersuci”. Kemudian mereka bersuci dengan air hujan tersebut.

BACA JUGA:Bacaan Lirik dan Arti Sholawat Jibril, Amalan Paling Kuat Mendatangkan Rezeki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: