Iklan dempo dalam berita

Pemula Wajib Tahu, Belajar Cara Trading Aset Kripto Aman dan Simpel

Pemula Wajib Tahu, Belajar Cara Trading Aset Kripto Aman dan Simpel

Belajar Cara Trading Aset Kripto Aman dan Simpel--Foto: ist

Beda Crypto dengan Saham

Karakteristik aset kripto sebagai komoditas membedakannya dengan instrumen trading/investasi lain seperti saham, walaupun keduanya sama-sama dapat di-trading-kan. Berikut ini lima (5) perbedaan crypto dengan saham yang wajib kamu ketahui:

BACA JUGA:Hasilkan Token Kripto Gratis Hanya dengan Nonton Video, Coba Gunakan Aplikasi Ini

1. Nilai Intrinsik

Saham merupakan bukti kepemilikan seseorang atas sebagian modal dalam suatu perusahaan. Apabila perusahaan gulung tikar, trader kemungkinan masih dapat memperoleh sebagian uangnya dari sisa dana likuidasi perusahaan. 

Sedangkan aset crypto tidak memiliki nilai intrinsik seperti yang terdapat pada saham. Aset kripto dapat jatuh harganya hingga level 0, oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa aset kripto cukup berisiko jika dibandingkan dengan saham. Namun, di lain sisi aset kripto juga mampu memberikan potensi kenaikan yang jauh lebih tinggi dari instrumen investasi lainnya.

BACA JUGA:Mau Untung Main Kripto? Ikuti Cara Berikut, Khususnya Bagi Pemula

2. Volatilitas

Kenaikan dan penurunan harga aset kripto dapat mencapai nominal jutaan rupiah dalam sehari, sehingga volatilitas kripto jauh lebih tinggi daripada saham. Perubahan harga aset kripto sepenuhnya berdasarkan pada supply and demand di pasar, serta tidak memiliki pembatasan volatilitas seperti Auto Rejection atau Trading Halt dalam saham.

3. Jam Perdagangan

Jam perdagangan saham terbatas pada pukul 09:00 WIB – 11:30 WIB (sesi I) dan pukul 13:30 – 14:50 WIB (sesi II) dalam hari kerja saja. Kamu tidak dapat menjual ataupun membeli saham melalui platform trading di luar jam perdagangan tersebut. Sedangkan trading crypto berlangsung 24 jam, 7 hari seminggu. Kamu dapat menjual dan membeli setiap saat.

BACA JUGA:Kripto sedang Naik Daun, WisdomTree Ikuti Cara BlackRock

4. Satuan Transaksi

Transaksi jual-beli saham di Indonesia umumnya berdasarkan satuan lot di mana 1 lot sama dengan 100 lembar saham. Jadi, modal trading saham minimal setara dengan nilai 100 lembar saham yang ingin dibeli. Jika kamu ingin membeli saham BBCA sebanyak 1 lot, maka kamu harus menyediakan modal seharga saham BBCA saat ini dikalikan 100, yaitu Rp7375x100 = Rp737.500.

Trading crypto tidak terikat oleh aturan lot seperti itu. Kita biasanya membeli/menjual dengan satuan terkecil sampai pecahan 8 desimal untuk Bitcoin (aset kripto lain dapat memiliki satuan berbeda). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: