Iklan dempo dalam berita

Manfaat Daun Kelapa Selain Dijadikan Bungkus Ketupat, Ternyata Bisa Untuk 5 Hal Berikut

Manfaat Daun Kelapa Selain Dijadikan Bungkus Ketupat, Ternyata Bisa Untuk 5 Hal Berikut

Daun kelapa memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Daun kelapa, dengan segala keunikan dan manfaatnya, merupakan salah satu bagian yang sering kali tidak terlalu diperhatikan ketika kita memanfaatkan pohon kelapa. Namun, tahukah sobat camkoha bahwa daun kelapa memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa, loh. Manfaat Daun Kelapa Selain Dijadikan Bungkus Ketupat, Ternyata Bisa Untuk 5 Hal Berikut.

BACA JUGA:Jangan Dibuang, Serabut Kelapa Punya 6 Manfaat yang Luar Biasa, Begini Cara Mengolahnya

Salah satunyua sebagai pembungkus ketupa dihari raya, wih pasti sobat camkoha udah nggak asing kan? Tapi apa aja sih manfaat lain dari daun kelapa selain sebagai pembungkus ketupat? Nah di dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat daun kelapa selain dijadikan bungkus ketupat, ternyata bisa untuk 5 hal berikut :

BACA JUGA:7 Manfaat Tempurung Kelapa Selain Kerajinan Tangan, Ternyata juga Bahan Baku Obat Nyamuk, Begini Cara Olahnya

1. Untuk Atap

Sobat Camkoha, tahu nggak sih, selain daun rumbia dan ilalang, ternyata daun kelapa juga punya manfaat luar biasa untuk menggantikan kayu dalam pembuatan rumah zaman dulu, loh. Kamu bisa menutupi atap rumahmu dengan blarak atau daun kelapa! Bukan cuma mudah, tapi juga efektif. Daun kelapa yang masih agak basah bisa diayam dengan rapi agar lebih kuat dan tahan lama. Kalau kamu belum tahu cara mengayamnya, tapi tenang aja! Di YouTube ada banyak tutorial yang bisa kamu ikuti kok. Gimana, tertarik mau coba membuat atap rumah dengan daun kelapa?

BACA JUGA:Belum Tahukan kalau Air Kelapa Muda Bisa Mencegah Penuaan Dini? Berikut Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

2. Untuk Membungkus Ketupat

Sobat camkoha pasti nggak asing lagi sama ketupat. Yups, makanan yang selalu menjadi ikon lebaran ini telah dikenal oleh hampir semua orang di Indonesia. Beras yang dipadatkan lalu dibungkus dengan daun kelapa muda yang indah menghasilkan makanan istimewa yang khas untuk umat Muslim merayakan hari raya. Ketupat ini adalah makanan yang tak boleh kamu lewatkan saat berpesta makan lebaran.

BACA JUGA:Selain Segar, Ini Manfaat Daging Buah Kelapa Muda, Bisa Menurunkan Berat Badan

3. Sebagai Kerajinan Tangan

Sttt, Ada manfaat lain loh dari daun kelapa muda, yups, daun kelapa ini bisa jadi bahan dasar kerajinan tangan yang menakjubkan. Wih apa aja tuh? Salah satunya adalah membuat mainan burung yang begitu unik. Anda tahu, di kalangan masyarakat Jawa, mainan burung ini mempunyai makna yang mendalam sebagai simbol pernikahan adat Jawa atau Rewangan.

Kisah di balik mainan burung ini begitu menarik. Setelah rangkaian upacara adat Jawa usai, burung kecil yang terbuat dari janur kelapa ini menjadi permainan yang menghibur bagi anak-anak kecil. Selain itu di beberapa daerah daun kelapa bisa di bentuk sebagai pedang pedangan, mahkota, topi, gelang dan sebagainya. Keren keren banget ya!

BACA JUGA:Konsumsi Air Kelapa Berlebihan Berakibat 4 Hal, Kandungan Sodiumnya Bisa Mengakibatkan Risiko Penyakit Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: