Iklan dempo dalam berita

Air Kelapa Muda Bagus untuk Penderita Diabetes, Tetapi Begini Cara dan Aturan Mengonsumsinya Biar Sehat

Air Kelapa Muda Bagus untuk Penderita Diabetes, Tetapi Begini Cara dan Aturan Mengonsumsinya Biar Sehat

Agar gula darah lebih terkendali, sebaiknya Anda minum air kelapa muda yang tidak ditambahkan pemanis sama sekali--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Air kelapa aman dikonsumsi oleh orang diabetes karena rendah kalori dan memiliki indeks glikemik (GI) 54. Secara umum, air kelapa tidak memicu lonjakan kadar gula darah karena indeks glikemiknya rendah dan hanya mengandung sedikit gula alami.

BACA JUGA:Konsumsi Air Kelapa Hijau Mampu Turunkan Demam Anak dan Bagus untuk Hobi Kaum Pria di Nomor 4

Kelapa dikenal sebagai tumbuhan yang paling bermanfaat untuk kehidupan. Bagaimana tidak, hampir seluruh bagian dari kelapa dapat dimanfaatkan. Mulai dari batangnya untuk dijadikan kayu, tempurung atau batok kelapa menjadi arang, daging buahnya untuk dimakan, hingga air kelapa untuk diminum.

BACA JUGA:Ingat, Jangan Pernah Konsumsi Air Kelapa Muda Sehabis Minum Obat Ini, Apalagi Pemilik Darah Rendah

Namun, air kelapa yang diberi gula tambahan mungkin memiliki GI lebih tinggi sehingga tidak cocok untuk pengidap diabetes. Bagi pengidap kadar gula darah yang tidak terkontrol disarankan untuk menghindari konsumsi air kelapa setiap hari karena mengandung gula alami, yaitu glukosa dan fruktosa, dan kandungannya dapat berbeda-beda tergantung kematangan air kelapa.

Dilihat dari kandungan gizinya, setiap satu cangkir atau setara dengan 240 mililiter air kelapa mengandung 43,6 kalori, 10,4 gram gula, 43,6 natrium, vitamin B kompleks, vitamin C, dan sejumlah elektrolit penting bagi tubuh seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium.

BACA JUGA:Minum Air Kelapa Hangat dengan Cara Direbus, Ini 8 Manfaat Luar Biasa Untuk Kesehatan Tubuh

Seorang ahli gizi Therese Bonnani, R.D mengungkapkan bahwa air kelapa mengandung elektrolit yang cukup banyak dibandingkan jus buah dan minuman olahraga pada umumnya. Air kelapa tanpa pemanis adalah pilihan yang baik untuk pengidap diabetes yang menginginkan minuman manis. Ini adalah pilihan yang jauh lebih baik dibandingkan minuman manis lainnya, seperti soda atau jus, bagi penderita diabetes atau siapa pun yang ingin menurunkan asupan gula.

BACA JUGA:Bolekah Minum Air Kelapa Setiap Hari? Ini Efek Samping yang Perlu Diketahui

Manfaat Air Kelapa untuk Pengidap Diabetes

Dengan kandungan gulanya yang rendah, air kelapa cocok dikonsumsi oleh pengidap diabetes. Minuman ini menawarkan manfaat sebagai berikut: 

- Membantu menurunkan gula darah 

Air kelapa membantu mengontrol gula darah berkat kandungan kalium, mangan, magnesium, vitamin C, L – arginin yang tinggi. Zat ini mampu meningkatkan sensitivitas sel terhadap insulin.

- Menghambat stres oksidatif dan mencegah komplikasi diabetes: Air kelapa memiliki kemampuan mengatasi stres oksidatif secara signifikan, sehingga membatasi komplikasi berbahaya pada jantung, saraf, dan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: