Iklan dempo dalam berita

15 Manfaat Terong yang Jarang Diketahui, Baik Untuk Kesehatan Jantung Hingga Mencegah Kanker

15 Manfaat Terong yang Jarang Diketahui, Baik Untuk Kesehatan Jantung Hingga Mencegah Kanker

manfaat terong ungu untuk kesehatan--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Terong memang kerap diolah menjadi berbagai menu makanan, mulai dari sayur asam, sayur lodeh, tumis terong, hingga lalapan. Tetapi terong sebenarnya adalah buah-buahan karena tumbuh dari tanaman berbunga dan mengandung biji.

Mau dianggap sebagai buah ataupun sayur, terong tetap memberikan manfaat besar bagi kesehatan tubuh. Terong juga memiliki berbagai jenis dan warna. Ada terong belanda, terong ungu, terong hijau, terong merah, dan terong hitam. Namun, yang paling banyak dikonsumsi di Indonesia adalah terong ungu.

BACA JUGA:Dari Karpet Telur Bekas, Bisa Makan Sayuran Terong, Begini Caranya

Buah ini banyak dijual di pasaran dengan harga relatif murah. Terlebih, terong cukup mudah diolah untuk berbagai menu masakan. Tetapi sebaiknya Anda mengolah terong dengan cara direbus atau dikukus, disayur bening, dan lain sebagainya.

Anda jangan menggoreng atau menumis terong dengan campuran minyak, karena pada dasarnya makanan berminyak tidak terlalu bagus bagi kesehatan. Di sisi lain, terong juga tidak baik dikonsumsi secara berlebihan karena akan berisiko bagi kesehatan.

BACA JUGA:Selain Segar, Ada 7 Manfaat Mengonsumsi Air Kelapa Secara Rutin Bagi Kesehatan Tubuh

Melansir dari Medical News Today, terong mangandung serat, tembaga, mangan, vitamin B6, tiamin, serta mineral. Terong juga mengandung fenolik yang bertindak sebagai antioksidan untuk menjaga tubuh dari radikal bebas.

Dari nutrisinya, berikut berbagai manfaat terong ungu untuk kesehatan yang perlu kamu ketahui:

BACA JUGA:Kecilkan Pori Wajah Tanpa Skin Care, Coba Gunakan 5 Jenis Buah Ini Saja

1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Jantung kamu punya tugas penting, yakni memompa darah ke seluruh tubuh. Jika jantung bermasalah, peredaran darah ke sel-sel tubuh bisa terganggu. Tanpa perawatan, penyakit jantung dapat menyebabkan kematian.

Demi menjaga kesehatan jantung, kamu harus berhenti merokok, rutin olahraga, dan mengonsumsi makanan yang sehat bernutrisi, seperti terong.

Khasiat terong ungu ini ditunjukkan oleh penelitian pada jurnal Comparative Study. Konsumsi terong mentah atau panggang pada hewan selama 30 hari dapat menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung.

Manfaat terong untuk kesehatan jantung ini berasal dari senyawa flavonoid yang bertindak sebagai antioksidan bagi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: