Iklan dempo dalam berita

Bisa Lolos dari Sistem Kekebalan Tubuh, Ini Fakta Mencengangkan Covid-19 Varian Eris, Semua Wajib Waspada

Bisa Lolos dari Sistem Kekebalan Tubuh, Ini Fakta Mencengangkan Covid-19 Varian Eris, Semua Wajib Waspada

Fakta mencengangkan covid-19 varian Eris--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Varian baru yang berasal dari Omicron telah menarik perhatian dunia medis dengan menunjukkan sifat yang tampaknya lebih menular dan mampu menghindari sebagian kekebalan yang sudah ada, jika dibandingkan dengan sub-varian sebelumnya. Secara global, varian ini dikenal sebagai EG.5, sering disebut sebagai "Eris," mengambil nama dari dewi perselisihan dan perselisihan dalam mitologi Yunani.

Tren peningkatan prevalensi varian EG.5 terus teramati, mengundang keprihatinan di berbagai belahan dunia. Meskipun demikian, hingga saat ini, belum ada tanda-tanda yang menunjukkan bahwa varian ini menyebabkan penyakit yang lebih parah daripada varian sebelumnya.

BACA JUGA:Singgah Lagi ke Indonesia, Waspadai Covid-19 Varian Eris, Seperti Ini Gejalanya

Sebagaimana varian XBB.1.5, EG.5 merupakan varian lain dari Omicron COVID-19. Varian ini mengandung banyak mutasi yang serupa dengan XBB.1.5, yang juga dikenal sebagai "Kraken" dan menyebabkan gelombang kasus COVID-19 selama musim dingin tahun 2022 di belahan bumi utara. 

Perbedaannya terletak pada adanya mutasi asam amino F456L tambahan pada protein lonjakan di permukaan virus EG.5.

Bukti awal menunjukkan bahwa mutasi ini mungkin membantu EG.5 menghindari netralisasi oleh antibodi dalam cairan tubuh, bahkan bagi mereka yang sebelumnya terinfeksi oleh varian Omicron XBB yang beredar sebelumnya.

BACA JUGA:ROG Phone 8 Bakal Rilis Awal 2024 Dengan Prosesor Baru dan Desain ‘Est 2006’

Menurut Eric Topol, seorang Profesor Kedokteran Molekuler dan direktur Scripps Translational Science Institute di La Jolla, California, meskipun obat-obatan ini efektif, mereka dapat tidak sengaja mendorong perkembangan virus yang memiliki sifat yang berubah, karena virus dengan mutasi tambahan lebih cenderung bertahan hidup dan menginfeksi orang lain.

EG.5, sebuah varian dari Omicron, pertama kali dilaporkan pada 17 Februari 2023. Pada 19 Juli 2023, dikategorikan sebagai 'varian dalam pemantauan' dan pada 7 Agustus 2023 telah terdeteksi di 51 negara. 

Pada 9 Agustus 2023, WHO meningkatkan statusnya menjadi 'varian menarik' (VOI), dengan prevalensi global EG.5 mencapai 17,4% pada pertengahan Juli. 

Meskipun ada peningkatan rawat inap di beberapa negara, WHO menilai risiko kesehatan masyarakat global yang ditimbulkan oleh EG.5 rendah, seiring dengan risiko yang dimiliki oleh varian lain seperti XBB.1.16. 

BACA JUGA:Honornya Naik 2 Kali Lipat, Kapan Gaji KPPS Pemilu 2024 Cair? Silakan Cek di Sini

Meskipun kemungkinan infeksi ulang oleh EG.5 lebih tinggi karena kemampuannya menghindari netralisasi antibodi, risiko infeksi parah dapat dikurangi oleh kekebalan tubuh yang sudah ada. 

Meski demikian, risiko Long COVID tetap ada, sehingga pencegahan infeksi tetap menjadi prioritas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: