Iklan dempo dalam berita

Harganya Semakin Mahal, Begini Cara Merawat AC di Rumah agar Awet hingga Puluhan Tahun

Harganya Semakin Mahal, Begini Cara Merawat AC di Rumah agar Awet hingga Puluhan Tahun

Cara merawat AC rumah agar awet hingga puluhan tahun--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - AC (Air Conditioner) bagian penting dalam menjaga kenyamanan di rumah. Udara sejuk dari AC ini dapat membuat rumah menjadi segar dan lebih nyaman, sehingga membuat kita menjadi lebih tenang Ketika pulang dari aktivitas sehari-hari. 

Namun, seringkali kita menghadapi masalah kerusakan AC yang dapat mengakibatkan biaya perbaikan yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat diambil agar AC di rumah kita tetap awet dan tahan lama. 

BACA JUGA:Jangan Sepelekan Karang Gigi Menumpuk, Berbahaya, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Lalu Langkah apa saja yang dapat Anda lakukan agar AC di rumah tetap awet dan tahan lama? Dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan saran praktis tentang cara merawat AC agar dapat meningkatkan masa pakainya dan menjaga kinerjanya tetap optimal. 

1 Gunakan AC Dengan suhu di atas 22 derajat Celcius 

Agar AC di rumah tetap awet, gunakanlah AC dengan suhu di atas 22 derajat celcius. Diketahui bahwa jika suhu diatur terlalu rendah, AC akan bekerja keras dan menghabiskan lebih banyak energi. 

Selain itu, suhu yang terlalu rendah dapat menyebabkan pencairan es pada evaporator yang berpotensi merusak komponen AC di rumah Anda dan mempersingkat umurnya. 

Suhu yang direkomendasikan antara 22-23 derajat Celcius. Suhu ini sudah cukup nyaman untuk tubuh dan tidak memberatkan kinerja AC. 

BACA JUGA:Smartwatch Mibro T2 Rilis Akhir Tahun, Seperti Ini Teknologi yang Ditanam di Dalamnya

Untuk kemudahan, Anda dapat menggunakan fitur timer atau termostat untuk mengatur suhu sesuai kebutuhan Anda.

2. Cuci secara berkala 

Untuk menjaga agar AC tetap awet, salah satu hal penting yang perlu Anda lakukan secara rutin adalah mencuci komponen-komponen penting seperti evaporator, kondensor, pipa, dan selang secara berkala. 

Tujuannya agar kotoran, debu, minyak, atau karat yang menempel pada komponen-komponen dapat dibersihkan. Hal ini penting karena kotoran yang menumpuk dapat mengganggu aliran udara dan merusak komponen AC. 

Anda dapat mencuci bagian-bagian AC sendiri atau menggunakan jasa profesional. Umumnya, pencucian dilakukan setiap 3 bulan sekali atau sesuai dengan kondisi AC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: