Iklan dempo dalam berita

Siapkan Jawabannya, Ini Pertanyaan saat di Padang Mahsyar, Termasuk Soal Harta

Siapkan Jawabannya, Ini Pertanyaan saat di Padang Mahsyar, Termasuk Soal Harta

Pertanyaan di Padang Mahsyar--

BACA JUGA:Minder karena Bau Badan? Berikut 7 Cara Ampuh Mengatasinya, Ada Cara Lain Selain Rutin Mandi

وَاَشْرَقَتِ الْاَرْضُ بِنُوْرِ رَبِّهَا وَوُضِعَ الْكِتٰبُ وَجِايْۤءَ بِالنَّبِيّٖنَ وَالشُّهَدَاۤءِ وَقُضِيَ بَيْنَهُمْ بِالْحَقِّ وَهُمْ لَا يُظْلَمُوْنَ ٦٩

Artinya: "Bumi (Padang Mahsyar) menjadi terang benderang dengan cahaya Tuhannya, buku (catatan amal) diberikan (kepada setiap orang), para nabi dan para saksi pun dihadirkan, lalu diberikan keputusan di antara mereka secara adil dan mereka tidak dizalimi." (QS Az Zumar: 69)

Dikumpulkannya manusia di Padang Mahsyar turut dijelaskan lebih lanjut dalam hadits Abu Hazim dari Sahl bin Said, dari Nabi Muhammad SAW bahwa beliau bersabda:

"Manusia dikumpulkan pada hari kiamat di atas tanah putih bersih laksana roti putih tanpa ada tanda bagi seseorang (maksudnya rata)." (HR Bukhari dan Muslim dalam Ash-Shahihain)

Setiap orang disebut akan mendapatkan pertanyaan dari Allah SWT saat di Padang Mahsyar. Imam Ibnu Katsir dalam kitab An-Nihayah fi al-Fitan wa al-Malahim yang diterjemahkan Ali Nurdin memaparkan sejumlah hadits tentang hal-hal yang pasti ditanyakan kepada umat manusia.

BACA JUGA:Naik 2 Kali Lipat, Ini Rincian Gaji KPPS Pemilu 2024 untuk Ketua, Anggota dan Satlinmas

Salah satunya dari riwayat Adi bin Hatim, ia mengatakan Rasulullah SAW bersabda,

وَلَيَلْقَيَنَّ اللَّهَ أَحَدُكُمْ يَوْمَ يَلْقَاهُ وَلَيْسَ بَيْنَهُ وَبَيْنَهُ تَرْجُمَانَ يُتَرْجِمُ لَهُ فَلَيَقُولَنَّ لَهُ أَلَمْ أُوتِكَ مَالاً فَيَقُولُ بَلَى وَيَقُوْلُ أَلَمْ أَبْعَثَ إِلَيْكَ رَسُولاً فَيَقُولُ بَلَى فَيَنْظُرُ عَنْ يَمِينِهِ فَلَا يَرَى إِلَّا جَهَنَّمَ وَيَنْظُرُ عَنْ يَسَارِهِ فَلَا يَرَى إِلَّا جَهَنَّمَ أَتَّقُوا النَّارَ وَلَوْ بِشِقِّةِ تَمْرَةٍ فَمَنْ لَمْ يَجِدْ فَبِكَلِمَةٍ طيبة

Artinya: "Tiap seorang dari kamu sekalian benar-benar akan berdiri di hadapan Allah Ta'ala tanpa hijab yang menghalanginya dari Tuhan-nya, dan tanpa juru bahasa yang menerjemahkan untuknya. Allah bertanya, 'Bukankah Aku telah memberimu harta?' 'Benar,' jawab orang itu. Allah bertanya pula, 'Bukankah Aku telah mengutus kepadamu seorang Rasul?' 'Benar,' jawab orang itu pula. 

Lalu dia melihat ke sebelah kanannya, ternyata dilihatnya hanya neraka. Dan dia lihat pula ke sebelah kirinya, ternyata yang dilihatnya hanya neraka. Oleh karena itu, hendaklah tiap seorang dari kamu sekalian menjaga dirinya dari neraka, walaupun dengan (bersedekah) separuh buah kurma. Dan kalau itu pun tidak ada, maka dengan mengucapkan perkataan yang baik." (HR Bukhari dalam Shahih-nya)

BACA JUGA:Tidak Perlu Panik Pintu Mobil Terkunci dari Dalam, Ini Ada Cara Mudah Membukanya

Selain itu, riwayat dari Ibnu Umar yang mengatakan pernah mendengar Rasulullah SAW menceritakan tentang dialog rahasia antara Allah SWT dan hamba-Nya pada hari kiamat. Rasulullah SAW bersabda :

"Sesungguhnya Allah akan menyuruh orang mukmin mendekat (kepada-Nya), lalu Dia lekatkan dekapan-Nya kepada orang itu, dan Dia tutupi dari orang lain, dan dibuat-Nya dia mengakui dosa-dosanya. Allah menanyainya, 'Apakah kamu mengakui dosa ini?' Sehingga manakala Allah telah membuat orang itu mengakui dosa-dosanya dan merasa yakin dirinya celaka, maka Allah Ta'ala berfirman, 'Sesungguhnya Aku telah menutupi dosa-dosamu itu di dunia, dan sesungguhnya Aku mengampuninya untukmu pada hari ini.'

Kemudian Allah memberinya buku catatan kebaikan-kebaikannya ke tangan kanannya. Adapun terhadap orang-orang kafir dan munafik, maka para saksi berkata, 'Mereka itulah orang-orang yang berdusta terhadap Tuhan mereka.' Ingatlah kutukan Allah (ditimpakan) atas orang-orang yang zalim."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: