Iklan dempo dalam berita

Tanda Kiamat Tidak hanya Sungai Eufrat Mengering Namun juga Muncul Gunung Emas, Ini Penjelasan Lengkapnya

Tanda Kiamat Tidak hanya Sungai Eufrat Mengering Namun juga Muncul Gunung Emas, Ini Penjelasan Lengkapnya

Sungai Eufrat dan kemunculan gunung emas sebagai tanda kiamat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Dari sekian banyak tanda-tanda kiamat yang disebutkan dalam hadits, salah satunya tentang surutnya Sungai Eufrat. Keterangan ini disebutkan dalam beberapa hadits dan disampaikan langsung oleh Rasulullah SAW.

Sungai Efrat atau sungai Eufrat adalah salah satu sungai terbesar di wilayah Timur Tengah. Sungai ini membentang dari pegunungan di Selatan dan berakhir di Teluk Persia. Sungai Eufrat juga menjadi sungai terpenting dalam sejarah. 

Sungai Eufrat dan Tigris adalah dua bengawan yang menjadi sebab daerah di sepanjang tepiannya disebut Mesopotamia, negeri di antara dua sungai.

BACA JUGA:Pengumuman Sudah Dirilis, Ini Arti Kode P, P/L, PR1,L2,TL,TMS, TH dan A di Kelulusan Hasil Seleksi PPPK 2023

Keberadaan Sungai Eufrat menjadi sumber air bagi masyarakat di negara-negara Turki, Kurdistan, Suriah, hingga Irak. Oleh karena itu, Sungai Eufrat memiliki peran penting bagi kemakmuran negara-negara tersebut.

Mengutip dari berbagai sumber, salah satu tanda-tanda kiamat adalah munculnya gunung emas di sungai Eufrat. Hal ini dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW, beliau bersabda:

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى يَحْسِرَ الْفُرَاتُ عَنْ جَبَلٍ مِنْ ذَهَبٍ يَقْتَتِلُ النَّاسُ عَلَيْهِ فَيُقْتَلُ مِنْ كُلِّ مِائَةٍ تِسْعَةٌ وَتِسْعُونَ وَيَقُولُ كُلُّ رَجُلٍ مِنْهُمْ لَعَلِّى أَكُونُ أَنَا الَّذِى أَنْجُو

“Hari kiamat tidak akan terjadi sampai Sungai Eufrat (mengering lalu) menyingkapkan gunung emas. Orang-orang saling membunuh untuk memperebutkannya. Terbunuhlah pada setiap 100 orang itu 99 orang, namun masing-masing dari mereka berkata, ‘Barangkali aku yang menjadi orang yang selamat itu’” (HR. Muslim).

BACA JUGA:Bukan Miliaran tapi Triliunan, Berikut Deretan Lukisan Termahal di Dunia, Mona Lisa Termasuk?

Dalam riwayat Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda: 

يوشك الفرات أن يحسر عن جبل من ذهب فمن حضره فلا يأخذ منه شيئاً

“Sungai ini akan mengering menjelang kiamat. Muncullah pegunungan emas yang hanya menimbulkan kekacauan. "Siapa yang menghadirinya, janganlah mengambilnya sedikit pun," kata Rasul bertitah.

Dalam riwayat Imam Muslim pun, Ubay bin Ka'ab mengatakan bahwa:

"Hampir tiba masanya, Sungai Eufrat surut menyingkapkan gunung emas. Jika orang-orang mendengar hal itu, mereka berjalan ke sana. Maka, orang-orang yang ada di sana mengatakan 'Jika kita membiarkan orang-orang mengambilnya, mereka pasti akan mengambil seluruhnya.' Maka, mereka bertempur di atasnya sehingga dari setiap seratus orang akan terbunuh sebanyak sembilan puluh sembilan orang." (HR Muslim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: