Iklan dempo dalam berita

Meski Nikmat, Sarapan Telur dan Kopi Tidak Baik untuk Kesehatan, Ini Efek Samping yang Terjadi

Meski Nikmat, Sarapan Telur dan Kopi Tidak Baik untuk Kesehatan, Ini Efek Samping yang Terjadi

Dampak sarapan minum kopi dan makan telur--

Misalnya, keasaman kopi dapat menghambat penyerapan antibiotik atau antasida.

Sehingga, menggabungkan telur dan kopi dapat mengganggu penyerapan yang tepat dari obat-obatan ini, berpotensi membahayakan kemanjurannya.

BACA JUGA:Jangan Berlebihan, Ini 6 Efek Samping Makan Telur Setiap Hari, Bisa Meningkatkan Kolesterol hingga Diabetes

Sementara itu, selain bahaya konsumsi telur berbarengan dengan kopi, ternyata ada juga manfaat dan bahaya makan telur setengah matang.

Berikut manfaat dan risiko mengonsumsi telur setengah matang:

- Manfaat telur setengah matang 

Ada banyak kandungan gizi telur yang bermanfaat untuk tubuh, mulai dari protein, vitamin, dan mineral. Makan telur setengah matang dinilai lebih sehat dan lebih direkomendasikan karena memiliki banyak manfaat, khususnya menjaga nilai gizinya jadi lebih utuh. 

Manfaat makan telur setengah matang berkaitan erat dengan proses pengolahannya. Sebab, proses pengolahan telur yang dimasak suhu tinggi mungkin membuat kandungan gizi telur tidak setinggi saat mentah ataupun setengah matang.

Beberapa nutrisi telur yang berkurang adalah vitamin A, vitamin B5, fosfor, dan kalium. Telur setengah matang mengandung kolin yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Tidak hanya itu, kolin juga berperan dalam menyehatkan fungsi jantung. 

BACA JUGA:Pinjam Rp 20 Juta di KUR BNI Bisa Cair 3 Hari, Kapan Lagi Dapat Angsuran Rp 300 Ribuan Per Bulan

Telur setengah matang juga mengandung lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini dapat melawan radikal bebas yang mengakibatkan berbagai penyakit mata yang berhubungan dengan degenerasi sel akibat penuaan.

Semua zat tersebut biasanya terkonsentrasi pada kuning telur. Inilah sebabnya kuning telur setengah matang  dianggap lebih bernutrisi ketimbang kuning telur yang direbus hingga matang sempurna.  

Meski demikian, sebagai makanan tinggi protein, telur setengah matang tidak membawa manfaat lebih untuk kesehatan, khususnya dalam penyerapan protein. Pasalnya, Anda harus memasak telur sampai matang untuk mendapatkan kandungan protein utuh pada telur.

Sebuah penelitian menyebutkan, semakin matang telur yang dikonsumsi, semakin baik juga penyerapan nutrisinya di dalam tubuh.

BACA JUGA:Masih Dibuka, Sektor Usaha Ini Bisa Pinjam Rp 100 Juta di KUR Mandiri hingga 4 Kali, Angsurannya Ringan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: