Iklan dempo dalam berita

Jangan Takut, Ada 6 Langkah dan Cara Hapusa Data Pribadi Jika Diteror Pinjol

Jangan Takut, Ada 6 Langkah dan Cara Hapusa Data Pribadi Jika Diteror Pinjol

--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Tidak bisa dihindari lagi kini Pinjaman Online atau Pinjol sudah menjamur diberbagai wilayah dan sudah menjadi andalan bagi kalangan masyarakat, terkhusus bagi mereka yang membutuhkan dana darurat. Biasanya, dalam melakukan pinjaman online orang-orang akan melengkapi berbagai persyaratan tidak terkecuali dengan identitas diri mereka sendiri, mulai dari KK, KTP, hingga kartu ATM.

Dengan begitu, meski sudah lunas ada kalanya pelanggan pinjol sewaktu-waktu diteror atau disalahgunakan oleh pinjol itu sendiri. Maka itu mengetahui cara menghapus data pribadi di aplikasi pinjaman online dengan aman sangat perlu dilakukan.

Sebelum menghapus data pribadi di aplikasi pinjol, pastikan terlebih dahulu utang dan bunga kredit sudah terbayar lunas serta jaminan atau agunan sudah dikembalikan kepada Anda (jika memakai jaminan). Jangan sampai utang belum lunas Anda ingin melarikan diri karena berisiko diblokir melalui BI checking atau SLIK OJK.

Hal ini bertujuan jika suatu saat Anda membutuhkan pinjaman dari pinjol yang lain, tetap tidak bisa cair karena nama sudah terblokir.

Lalu, bagaimana cara menghapus data pribadi di aplikasi pinjol? Berikut simak ulasannya:

1. Menghapus seluruh data pribadi di aplikasi pinjol hanya melalui HP. 

Caranya cukup buka pengaturan HP, pilih ‘Aplikasi dan Pemberitahuan’, pilih aplikasi pinjaman online yang Anda gunakan, dan pilih ‘Hapus Data dan Cache’.

2. Uninstall aplikasi pinjol. 

Cara menghapus data pribadi di aplikasi pinjol adalah uninstall aplikasi pinjaman online. Tekan lama aplikasi pinjol dan akan muncul pilihan, seperti ‘bagikan, hapus, copot pemasangan, dan detail aplikasi’. Pilih ‘Copot Pemasangan’

3. Hubungi call center aplikasi pinjol. 

Apabila cara menghapus data pribadi di aplikasi pinjol secara mandiri tidak dapat dilakukan, Anda bisa menghubungi call center. 

Menghubungi call center juga bisa dilakukan atas komplain karena Anda diteror terus menerus dan ditagih padahal utang kredit sudah lunas. Sampaikan keluhan dengan baik dan jelaskan bahwa Anda benar telah melunasi utang kredit serta merasa tidak nyaman diteror terus menerus.

4. Menonaktifkan semua media sosial. 

Agar data dari media sosial tidak diambil oleh pinjol, Anda dapat menghapus atau merahasiakan dengan cara memilih pengaturan ‘Hanya Anda’ yang dapat melihat data pribadi maupun postingan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: