Iklan dempo dalam berita

Gali Keajaiban dan Nilai Sejarah Koin Kuno Tertua di Dunia

Gali Keajaiban dan Nilai Sejarah Koin Kuno Tertua di Dunia

Gali Keajaiban dan Nilai Sejarah Koin Kuno Tertua di Dunia--

India juga memiliki warisan numismatik yang kaya. Koin-koin kuno india bervariasi dalam bahan dan desain. Koin-koin gupta, misalnya, terbuat dari emas dan memiliki gambar dewi-dewi hindu. Koin-koin ini menggambarkan kekayaan budaya india yang luar biasa.

Banyak teori mengatakan koin pertama india muncul sekitar abad ke-6 sebelum masehi dan kebanyakan dari koin ini berasal dari mahajanapada dari dataran indo-gangga. Koin-koin ini dilubangi dan disebut karshpanas, purana, atau pana.

Bentuk koin karshapana tidak seperti koin pada umumnya. Bentuknya lebih menyerupai batangan logam. Beberapa koin ini punya simbol dan beberapa lainnya hanya sekedar dipukuli.

BACA JUGA:Bukan Pendamping Lokal Desa tapi Pendamping Desa, Ini Besaran Gajinya Berdasarkan Jabatan

4. Koin kuno roma 

Salah satu peradaban paling terkenal di dunia, romawi, juga memiliki koin kuno yang penting. Koin-koin romawi adalah hasil dari kekaisaran yang luas dan beragam. Mereka sering menggambarkan wajah kaisar atau kejadian bersejarah, seperti perang atau kemenangan. Koin-koin ini memberikan kesan akan kekuasaan, stabilitas, dan perubahan dalam sejarah roma.

Ada sekitar 651 koin perak dari zaman romawi yang pernah ditemukan di kota kuno bernama aizanoi, yang terletak di distrik çavdarhisar di provinsi kütahya, turki barat. Koin-koin ini ditemukan di dalam sebuah kendi yang ditemukan di salah satu saluran air yang telah dipercaya berusia sekitar 5.000 tahun.

BACA JUGA:Rekomendasi Bisnis dan 10 Cara Bagi Para Pensiunan Cari Cuan Berlimpah

5. Koin perak hallaton

Koin perak hallaton merupakan koin yang berasal dari harta hallaton, timbunan koin zaman besi dari inggris yang pernah ditemukan. Dari sekian banyak koin yang ditemukan disana, ada satu koin romawi yang bersalah dari 211sebelum masehi. Koin tersebut dianggap sebagai koin romawi tertua yang pernah ditemukan di inggris.

Pada satu sisi ini bergambar dewi romawi, sedangkan disisi lainnya adalah tokoh kembar castor and pollux yang sedang menaiki kuda. Beberapa arkeolog berpendapat bahwa koin ini menjadi bukti bahwa inggris pernah berdagang dengan romawi saat adanya penaklukan romawi pada 43 tahun setelah masehi.

BACA JUGA:Bukan Cuma HP, di Perhelatan Galaxy Unpacked 2023, Samsung Perkenalkan Laptop Seri Galaxy Book3 Ultra, Pro 360

6. Koin aegina

Orang orang dari suku aegina kuno terkenal suka menjelajah dan berdagang, terutama dengan orang ionia serta lydia. Pada abad ke-6 sebelum masehi, suku aegina mulai menggunakan sistem uang dan menjadikan kota yunani, kota pertama yang mengeluarkan sistem tersebut.

Koin aegina adalah koin pertama yang digunakan sebagai mata uang perdagangan internasional pada zaman tersebut. Desainnya pada satu sisi merupakan ukiran bentuk penyu laut dan di satu sisi terdapat pola persegi berlubang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: