Iklan dempo dalam berita

Mengenal Tradisi Pernikahan 'Malam Bainai' dari Adat Minangkabau, Penuh Makna Bagi Calon Mempelai

Mengenal Tradisi Pernikahan 'Malam Bainai' dari Adat Minangkabau, Penuh Makna Bagi Calon Mempelai

Mengenal Tradisi Pernikahan "Malam Bainai" dari Adat Minangkabau, Penuh Makna Bagi Calon Mempelai--

BACA JUGA:9 Tradisi Pernikahan Unik di Berbagai Negara, Ada yang Wajib Membawa Gigi Ikan Paus ke Ayah Mertua

Malam Bainai juga menjadi kesempatan bagi keluarga dan kerabat untuk memberi petuah-petuah pada sang anak daro. Maka pada proses ini, para saudara wanita yang membubuhkan pacar pada kuku sang calon pengantin akan melakukannya sembari berbagi berbagai petuah pernikahan.

Setiap kuku yang dipakaikan inai pun memiliki arti istimewa. Saat inai dikenakan di kuku jari kelingking, sang anak daro didoakan agar dapat melalui hal-hal sulit yang dihadapi bersama sang calon suami. 

BACA JUGA:Menculik Mempelai Wanita, Yuk Intip 6 Tradisi Pernikahan Unik di Indonesia

Inai yang diberikan pada kuku jari telunjuk melambangkan harapan bagi anak daro untuk berhati-hati dalam membuat keputusan, sedangkan inai di kuku jari tengah merupakan harapan agar ia dapat membagi kasih sayang dengan adil. 

Inai pada kuku ibu jari melambangkan doa agar calon pengantin perempuan menghormati suaminya kelak dan inai pada kuku jari manis merupakan doa agar sang anak daro memiliki kehidupan rumah tangga yang ideal dan cinta yang abadi. 

Jumlah kuku yang diberi inai pun memiliki arti. Kuku yang dipakaikan inai hanya 9 jari saja, karena bagi masyarakat Minang, 10 jari dianggap sempurna, sedangkan kesempurnaan hanya bisa dimiliki oleh Yang Maha Kuasa.

BACA JUGA:Kawin Tangkap Bikin Heboh, Cewek Ditangkap Lalu Mau Dikawini, Katanya Itu Tradisi Benarkah?

Tentunya, berbagai unsur kebudayaan Minang juga hadir dalam berbagai prosesi ini, seperti iringan musik saluang.

Maka, Malam Bainai tidak hanya menjadi tradisi menyenangkan bagi perempuan Minang yang melepas masa lajangnya, namun juga momen yang menyentuh bagi sang calon istri di mana ia mendapatkan berbagai petuah dari keluarga dan kerabatnya. 

 

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: