Iklan dempo dalam berita

Masih Muda tapi Kolesterol Tinggi, Emang Bisa? Ini Kenali Penyebabnya

Masih Muda tapi Kolesterol Tinggi, Emang Bisa? Ini Kenali Penyebabnya

Walaupun usia muda namun tetap harus waspada kolesterol tinggi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Berbicara mengenai kolesterol tentu saja membuat kita khawatir. Apalagi kolesterol yang sudah mencapai level tinggi. Kolesterol kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit berbahaya mulai dari stroke, jantung, hingga darah tinggi.

Kolesterol adalah zat lemak yang berasal dari hati, juga makanan tertentu yang dikonsumsi. Tubuh menggunakannya dalam produksi sel, vitamin, dan hormon. Namun jika kadar kolesterol terlalu tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan masalah bagi semua orang dari segala usia.

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Herbal Ini Mampu Obati Jerawat, Begini Cara Pengolahannya

Kebanyakan kasus kolesterol tinggi dialami orang-orang usia lanjut, namun tak kalah anak muda juga sudah banyak yang mengidap penyakit kolesterol tinggi, bahkan sudah mencapai level tinggi. Semakin mudah orang mengidap kolesterol tinggi, maka risiko penyakit yang dialaminya pun tinggi.

Kadar kolesterol yang tinggi di usia muda dapat menimbulkan risiko kesehatan jangka panjang. Salah satu dampak yang serius adalah risiko penyakit jantung dan stroke. 

Angka kejadian kolesterol tinggi usia muda, sekitar 20-30 tahun cukup sering terjadi.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebutkan ada lebih dari 102 juta orang usia muda yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Tidak Perlu Takut Kolesterol saat Makan Daging, Asalkan Mengikuti Anjuran Berikut

Lalu apa sih penyebab anak muda dapat terserang kolesterol tinggi? Ada banyak hal yang bisa membuat anak muda terkena kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi pada anak muda biasanya berkaitan erat dengan gaya hidup tidak sehat yang dijalani. Berikut ini beberapa penyebabnya

1. Makan-makanan yang Tidak Sehat

Makanan tidak sehat memang enak disantap. Apalagi makanan cepat saji, anak-anak dan remaja sangat menyukai jenis makanan ini. Mulai dari minum-minuman hits yang tidak sehat, kopi kekinian, kentang goreng, dan berbagai jenis camilan tidak sehat lainnya.

BACA JUGA:Mau Lolos Seleksi? Ini Contoh Tes Psikotes hingga Alasan Memilih Kerja di Perum Bulog

2. Tidak berolahraga secara teratur

Jika makan-makanan yang kita konsumsi sudah termasuk makanan yang sehat, akan tetapi tidak diimbangi dengan olahraga yang teratur. Maka ini berbahaya karena dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: