Iklan dempo dalam berita

Perhatian, Ini Kebiasaan Buruk Pemicu Kolesterol, Nomor 1 Sangat Sering Dilakukan

Perhatian, Ini Kebiasaan Buruk Pemicu Kolesterol, Nomor 1 Sangat Sering Dilakukan

Kebiasaan buruk yang memicu kolesterol tinggi--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Salah satu penyakit yang erat kaitannya dengan pola hidup yang kurang baik adalah kolesterol. Kolesterol merupakan lemak yang diproduksi oleh tubuh dan juga berasal dari makanan hewani. 

Sebenarnya kandungan lemak tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu tubuh untuk memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. 

BACA JUGA:PT Indofood Buka Lowongan Kerja dengan Posisi Operator, untuk Lulusan SMA, Simak Syarat Lainnya

Namun dalam kadar yang sesuai, kandungan ini berfungsi membangun sel-sel baru yang berfungi agar tubuh bisa tetap berfungsi secara normal. Jika kadarnya dalam darah melampaui kadar normal, maka kondisi ini disebut sebagai hiperkolesterolemia atau kolesterol tinggi. Kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit serius. 

Kadar kolesterol dalam darah bervariasi. Tergantung apakah memiliki risiko tinggi atau rendah untuk terkena penyakit pembuluh arteri. Sementara itu, pemeriksaan terkait kadar atau jumlah kolesterol dalam darah bisa diukur dengan melalui tes.

BACA JUGA:Gaji Mitra Statistik BPS dan Pendamping Lokal Desa di 11 Provinsi, Ada yang Rp3 Juta?

Tanpa kita sadari banyak kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita lakukan dan dapat menimbulkan kolesterol tinggi, diantaranya adalah:

1. Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat (memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi)

Makan-makanan cepat saji dapat menimbulkan kolesterol seperti, kuning telur, mentega, gorengan. Untuk makanan cepat saji di dalam makanan cepat saji umumnya terdapat kandungan minyak jenuh yang menjadikan makanan cepat saji tersebut tinggi akan kolesterol. 

Lemak jenuh ini terbentuk dari adanya penambahan hidrogen pada minyak sayur yang digunakan untuk menggoreng makanan cepat saji. 

Kemudian kuning telur, selain menjadi sumber protein hewani, telur juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti selenium, fosfor, kolin, kalsium, zinc, serta beragam vitamin, seperti vitamin A, B2, B5, B6, B12, D, E, dan K. Bukan cuma itu, telur juga mengandung lemak. Nah, lemak inilah yang disebut bisa meningkatkan kadar kolesterol.

BACA JUGA:Khawatir Tahun Depan Tidak Ada Bansos? Tenang, Ini Daftar Bantuan yang Masih Cair Tahun 2024

Mentega. Mentega tergolong makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi. Lemak jenuh diketahui tidak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebih, karena bisa menyebabkan penumpukan kolesterol jahat di pembuluh darah.

Makanan yang digoreng berlebihan termasuk berbagai macam gorengan, minyak goreng juga mengandung banyak lemak jenuh dan lemak trans yang diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: