Iklan dempo dalam berita

Biaya Dokter Mahal, ini 16 Tanaman Obat yang Wajib di Tanam

Biaya Dokter Mahal, ini 16 Tanaman Obat yang Wajib di Tanam

--

Beberapa manfaat daun kemangi bagi kesehatan adalah meringankan perut kembung, meningkatkan nafsu makan, hingga mengobati luka goresan pada kulit.

BACA JUGA:Minuman Sehat untuk Tubuh, Ini Resep Es Kunyit Asem, Nggak Bikin Kantong Jebol

16. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Mengonsumsi air jeruk nipis secara rutin dapat meningkatkan sistem imun, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah batu ginjal, membantu penyerapan zat besi, dan meningkatkan kesehatan kulit.

Umumnya, jeruk nipisaman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, asam yang terkandung di dalamnya bisa mengakibatkan rasa perih pada luka serta memicu sakit maag dan GERD.

BACA JUGA:Bukan Minuman Biasa, Manfaat Air Lemon Campur Kunyit Dapat Mengatasi Perut Buncit

Sebagian besar orang percaya bahwa tanaman obat bermanfaat dan efektif dalam mengatasi penyakit tertentu. Namun sayangnya, hal ini tidak sepenuhnya benar.

Sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan tradisional dari apotek hidup untuk kesehatan tubuh perlu diketahui, bahwa tanaman obat tidak dapat menggantikan pengobatan medis. Anda tidak boleh menggantikan pengobatan medis dari dokter dengan menggunakan herbal saja.

BACA JUGA:Minuman Sehat untuk Tubuh, Ini Resep Es Kunyit Asem, Nggak Bikin Kantong Jebol

Tanaman obat yang dijadikan herbal hanya bisa bersifat melengkapi, bukan menggantikan. Bahkan, FDA menganggap bahwa tanaman obat atau suplemen herbal bukanlah obat-obatan, karena belum sesuai dengan standar, peraturan, dan pengujian seperti obat.

Jika Anda ingin mengolahnya sebagai jamu, konsultasikan dulu dengan dokter mengenai baik buruknya sesuai dengan kondisi. Pastikan pula Anda tidak memiliki alergi terhadap tanaman obat, guna menghindari reaksi alergi.

(Tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: