Iklan dempo dalam berita

Bocoran Contoh Soal Tes Mitra Statistik BPS, Pelajari Materi Berikut Ini

Bocoran Contoh Soal Tes Mitra Statistik BPS, Pelajari Materi Berikut Ini

Petugas sensus BPS sedang melakukan pendataan --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Dalam tahapan penerimaan mitra statistik BPS, setelah seluruh pelamar menyerahkan berkas pendaftaran, semuanya akan diteliti oleh panitia seleksi.

Selanjutnya hanya pelamar yang memenuhi seluruh persyaratan yang berhak mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes kompetensi. Dalam tes kompetensi ini, peserta akan mendapat 30 soal dengan waktu pengerjaan 60 menit.

Berdasarkan tes-tes yang digelar BPS sebelumnya, materi tentang profil ataupun sejarah BPS masuk dalam daftar pertanyaan. Selain itu tidak menutup kemungkinan akan ada soal matematika, khususnya yang berkaitan dengan statistik. 

Sebagai bahan belajar persiapan menghadapi tes kompetensi ini, berikut ini materi tentang BPS secara lembaga serta beberapa contoh soal dalam tes-tes sebelumnya. 

BACA JUGA:ASN Dishub Ditemukan Meninggal Dunia, Begini Pertolongan Pertama Bagi Orang Terkena Serangan Jantung

 

Informasi Umum BPS

Badan Pusat Statistik adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden. Sebelumnya, BPS merupakan Biro Pusat Statistik, yang dibentuk berdasarkan UU Nomor 6 Tahun 1960 tentang Sensus dan UU Nomer 7 Tahun 1960 tentang Statistik. Sebagai pengganti kedua UU tersebut ditetapkan UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Berdasarkan UU ini yang ditindaklanjuti dengan peraturan perundangan dibawahnya, secara formal nama Biro Pusat Statistik diganti menjadi Badan Pusat Statistik.

Materi yang merupakan muatan baru dalam UU Nomor 16 Tahun 1997, antara lain :  

Jenis statistik berdasarkan tujuan pemanfaatannya terdiri atas statistik dasar yang sepenuhnya diselenggarakan oleh BPS, statistik sektoral yang dilaksanakan oleh instansi Pemerintah secara mandiri atau bersama dengan BPS, serta statistik khusus yang diselenggarakan oleh lembaga, organisasi, perorangan, dan atau unsur masyarakat lainnya secara mandiri atau bersama dengan BPS.

Hasil statistik yang diselenggarakan oleh BPS diumumkan dalam Berita Resmi Statistik (BRS) secara teratur dan transparan agar masyarakat dengan mudah mengetahui dan atau mendapatkan data yang diperlukan.

BACA JUGA:Gaji dan Jenjang Karier yang Jelas, Simak Contoh Soal Tes di Perusahaan BUMN, Swasta dan Mitra Statistik BPS

Sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien.

Dibentuknya Forum Masyarakat Statistik sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat statistik, yang bertugas memberikan saran dan pertimbangan kepada BPS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: