Iklan dempo dalam berita

Begini Anjuran Islam tentang Potong Kaku, Ada Hari Baik dan Niatnya, Tempo 40 Hari Sebaiknya Potong Kuku

Begini Anjuran Islam tentang Potong Kaku, Ada Hari Baik dan Niatnya, Tempo 40 Hari Sebaiknya Potong Kuku

Hari baik potong kuku menurut anjuran Islam--

Dimulai dari jari kelingking

Jari manis

Jari tengah

Jari telunjuk

Terakhir jari jempol.

Kemudian untuk kuku kaki kanan dimulai dari kelingking hingga ke jempol dan kaki kiri dimulai dari jempol hingga kelingking.

BACA JUGA:Mau Bayar Tagihan tapi Metode Pembayaran Shopee PayLater Tidak Muncul? Ini Penyebabnya

Dalam kitab Fathul Bari, Imam Ibnu Hajar mengatakan;

وَلَمْ يَثْبُتْ فِي تَرْتِيبِ الْأَصَابِعِ عِنْدَ الْقَصِّ شَيْءٌ مِنَ الْأَحَادِيثِ لَكِنْ جَزَمَ النَّوَوِيُّ فِي شَرْحِ مُسْلِمٍ بِأَنَّهُ يُسْتَحَبُّ الْبَدْاَءةُ بِمُسَبِّحَةِ الْيُمْنَي ثُمَّ بِالْوُسْطَى ثُمَّ الْبِنْصِرِ ثُمَّ الْخِنْصِرِ ثُمَّ الْإِبْهَامِ وَفِي الْيُسْرَى بِالْبَدْاَءةِ بِخِنْصِرِهَا ثُمَّ بِالْبِنْصِرِ إِلَى الْإِبْهَامِ وَيُبْدَأُ فِي الرِّجْلَيْنِ بِخِنْصِرِ الْيُمْنَى إِلَى الْإِبْهَامِ وَفِي الْيُسْرَى بِإِبْهَامِهَا إِلَى الْخِنْصِرِ

Artinya: "Tidak ada satu pun hadis yang menjelaskan tentang tertib memotong kuku. Akan tetapi Imam Nawawi menegaskan dalam kitab Syarh Muslim, bahwa disunahkan untuk memulai dari jari telunjuk tangan kanan, tengah, manis, kelingking, dan jempol. Untuk jari tangan sebelah kiri dimulai dari jari kelingking, manis, sampai jempol. Untuk kaki dimulai dari jari kelingking sebelah kanan sampai ke jempol, dan kaki sebelah kiri dimulai dari jempol sampai jari kelingking."

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: