Iklan dempo dalam berita

Mau Wudhu tapi Airnya Bekas Tikus, Begini Penjelasan Ustadz

Mau Wudhu tapi Airnya Bekas Tikus, Begini Penjelasan Ustadz

Hukum menggunakan air untuk wudhu bekas tikus--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Setiap hari umat Islam pasti memerlukan air untuk berwudhu. Syarat sahnya sholat jika telah berwudhu. Atau jika tidak bisa menemukan air, maka bertayamum. 

Wudhu tidak hanya untuk sholat. Dalam kondisi apapun kita bisa berwudhu. Bahkan kita dianjurkan untuk selalu dalam kondisi berwudhu. Artinya jika telah melakukan hal yang membatalkan wudhu, seperti buang air, sebaiknya jika kembali berwudhu.

Namun bagaimana jika ada air yang telah dimasuki tikus atau ada kotoran cicak di dalamnya, apakah air tersebut sah untuk kita berwudhu? Menjawab hal ini Ustadz Riffi Hamdani memberikan tanggapannya.

BACA JUGA:Apa Bisa Bayar Tagihan Shopee PayLater Lunas Sekaligus?

Dijelaskan Ustadz Riffi, menjawab pertanyaan apakah suatu air sah untuk digunakan berwudhu, merujuk pada sebuah hadis Rasulullah SAW. 

Sifat dasar air dijelaskan oleh Rasulullah yang menjadi pedoman dalam penggunaannya oleh umat Islam. "Permasalahan air, meski hadisnya dhaif, tapi berdasarkan ijma, Nabi SAW mengatakan bahwa air itu suci dan mensucikan," kata Ustadz Riffi Hamdani. 

Syaratnya adalah air tersebut tidak mengalami perubahan dalam 3 hal. Yaitu berubah dari segi aroma, rasa, dan warna. "Selagi tidak berubah 3, baunya, rasa dan warnanya," ujar Ustadz Riffi 

Oleh karenanya, hukum air yang kejatuhan kotoran cicak atau tikus perlu dilihat lagi pada 3 aspek tadi. Apakah ada perubahan dari segi rasa, aroma hingga warna setelah air tersebut kejatuhan kotoran cicak atau tikus. "Maka kita lihat jika kejatuhan kotoran cicak atau tikus, tinggal kita rasa, kita cium, kita lihat warnanya," jelas Ustadz Riffi Hamdani.

BACA JUGA:Pasca Beredar Video ‘Anu’ Suami-istri di Kaur, Begini Pernyataan Kapolres

Ditambahkan Ustadz Riffi Hamdani, air tersebut masih boleh digunakan, termasuk untuk berwudhu jika memang tidak mengalami perubahan dalam 3 hal tadi. 

"Jika tidak berubah dari 3 ini, rasanya masih air, warnanya enggak berubah, baunya pun enggak ada, maka ini bisa dipakai untuk bersuci dan mensucikan," ujar Ustadz Riffi Hamdani.

Berwudhu adalah ritual bersuci yang dilakukan oleh umat muslim sebelum melaksanakan ibadah sholat. Selain sebagai kewajiban, berwudhu juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebersihan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat berwudhu: 

1. Membersihkan diri dari kotoran dan bakteri

Berwudhu melibatkan mencuci tangan, wajah, lengan, kepala, telinga, dan kaki dengan air yang bersih. Air yang digunakan untuk berwudhu dapat membantu menghilangkan kotoran dan bakteri yang menempel pada kulit kita. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: