Iklan dempo dalam berita

Kabel di Rumah Rusak Gara-gara Tikus, Ini Caranya agar Kabel Terlindung dari Gigitan Tikus

Kabel di Rumah Rusak Gara-gara Tikus, Ini Caranya agar Kabel Terlindung dari Gigitan Tikus

Cara mencegah tikus gigit kabel di rumah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kalau ada tikus di rumah, sudah pasti penghuni rumah akan repot. Mulai dari harus mencium bau tak sedap atau perabotan dan peralatan di rumah lainnya yang menjadi korban gigitan tikus.

Salah satunya kabel yang sering jadi sasaran tikus. Tidak hanya rusak, kabel yang digigit tikus sering menimbulkan korsleting.

Lalu, bagaimana cara mencegah kabel agar tidak digigit tikus? Berikut cara mencegah kabel di rumah putus karena digigit tikus.

BACA JUGA:Petani Sawit Ini Bisa Menghasilkan TBS Seberat 85 Kg, Ternyata Ini Rahasianya

1. Pasang Pelindung Kabel

Walaupun lapisan luar pelindung kabel sudah sangat tebal, tetap saja kabel bisa terkelupas karena digigit tikus. Akibatnya, bagian kabel-kabel kecil di dalamnya keluar karena lapisan pelindungnya terbuka. 

Tentu saja, kabel yang sudah rusak tidak dapat digunakan. Lebih membahayakannya lagi, lapisan kabel yang mengelupas bisa menyebabkan korsleting dan kebakaran.

2. Rapikan Susunan Kabel

Cara mencegah kabel digigit tikus adalah dengan tidak membiarkan kabel berserakan dan saling terbelit. Hal ini akan mengundang tikus untuk memainkan dan menggigitnya. 

BACA JUGA:Aliran Air dari Tandon Mampet? Kemungkinan Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Terutama jika keberadaan kabel ada di dapur yang menjadi tempat tikus sering bersembunyi. Usahakan setiap kali selesai menggunakan peralatan elektronik berkabel, Kamu langsung menggulung, merapikan, dan menyimpannya lagi. Jangan lupa bersihkan kabel perangkat elektronik yang dipakai untuk memasak agar baunya tidak mendatangkan tikus.

3. Letakkan Wewangian yang Menyengat

Aroma menyengat yang berasal dari jeruk, cabai, dan peppermint bisa dimanfaatkan untuk mengusir tikus. Karena tikus tidak suka aroma yang menyengat sehingga Kamu bisa meletakkan wewangian ini di permukaan kabel dan area sekitarnya. 

Kamu juga bisa menggunakan kamper atau kapur barus. Letakkan kamper dan kapur barus di area dekat kabel untuk menghindari datangnya tikus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: