Iklan dempo dalam berita

Petani Sawit Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Fisik Tanaman Kelapa Sawit yang Sehat

Petani Sawit Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Fisik Tanaman Kelapa Sawit yang Sehat

Petani Sawit Wajib Tahu, Ini 6 Ciri Fisik Tanaman Kelapa Sawit yang Sehat--

Ciri lainnya adalah munculnya pucuk pelepah setiap bulan sekali. Hal ini bisa menjadi tanda karena tahap ini merupakan tahap yang terjadi secara berkala. Dengan demikian, jika tidak ada pelepah yang muncul, maka diperkirakan ada gangguan pada tanaman.

Selain itu, pelepah akan lebih baik apabila daun muda yang keluar lebih besar ukurannya daripada daun tua dan tidak mengalami daun tombak. Ukuran daun muda yang keluar harus diperhatikan karena jika terjadi kesalahan, maka tandanya ada masalah pada tanaman. 

BACA JUGA:Ada Ancaman El Nino, Berikut Cara Pemupukan Sawit saat Kemarau

3. Diameter Batang Terlihat Sama

Ciri berikutnya adalah penampilan batang dari atas ke bawah yang harus simetris dan diameternya tidak berubah dari pangkal hingga ujung paling tinggi. Batang yang bergelombang, lebih kecil di bagian atas atau bawahnya, bahkan berbentuk seperti botol menandakan tanaman tidak tumbuh dengan baik. 

4. Panjang dan Lebar Pelepah Normal 

Pelepah tanaman kelapa sawit seringkali dijadikan ciri fisik tanaman yang sehat. Jika ukuran panjang dan lebarnya biasa tanpa ada pengecilan, maka tanaman kelapa sawit dipastikan dalam kondisi sehat dan tidak kekurangan nutrisi.  

BACA JUGA:Provinsi Ini Pemilik Kebun Sawit Terluas dan Produktif di Indonesia, Bengkulu Belum Seberapa

5. Pembentukan Bunga dan Buah Antara 12-24 Janjang per Tahun

Pembungaan dan pembuahan tanaman kelapa sawit yang sehat adalah antara 12-24 janjang per tahun. Apabila kurang dari jumlah tersebut, maka dapat dipastikan tanaman kelapa sawit memiliki masalah kesuburan. Pembentukan bunga juga harus diperhatikan dengan baik karena kesehatan tanaman juga tergantung dari ciri fisik ini. 

6. Bebas dari Serangan Penyakit

Ciri fisik tanaman kelapa sawit yang sehat tentunya bebas dari serangan hama dan penyakit tanaman. Perhatikan kebersihan di sekitar tempat tumbuh kelapa sawit sambil tetap memberikan nutrisi melalui pupuk organik yang cukup.

Itu dia ciri-ciri tanaman kelapa sawit secara umum dan ciri fisik tanaman yang sehat. 

Selalu perhatikan kondisi tanaman dan lingkungan secara berkala untuk mengetahui langkah apa yang harus diambil apabila terjadi masalah.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: