Iklan dempo dalam berita

Fase Istimewa Manusia Ketika Usia 40 Tahun Disebutkan Dalam Al Quran, Banyak Rahasia dan Hikmah

Fase Istimewa Manusia Ketika Usia 40 Tahun Disebutkan Dalam Al Quran, Banyak Rahasia dan Hikmah

Keistimewaan usia 40 tahun disebut dalam Al Quran--

BACA JUGA:Lakukan 8 Tips Ini agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar di Usia 40 Tahun

Rahasia umur 40 tahun seseorang mencapai kematangan emosional spritual dan intelektualnya. Sehingga, hal itulah yang membuat kedewasaan seseorang seharusnya terlihat pada usia 40 tahun. 

Kemudian, pada dasarnya umur manusia tidak ada yang tahu kapan akan berakhir, kecuali Allah SWT.

Misteri umur 40 tahun ini disebutkan dalam Kitab Raudhah Al-Musytaq wa Ath-Thariq Ila Al-Malik Al-Khallaq karya Abul Faraj Ibnul Jauzi dan turut diulas Imam Syamsuddin Al-Qurthubi dalam Kitab At-Tadzkirah. Ia mengatakan bahwa tidak ada satu hari pun, di mana matahari terbit dan terbenam, melainkan Malaikat Maut menyeru. 

BACA JUGA:Setan atau Mahluk Halus Paling Takut dengan 8 Benda Ini, Salah Satunya Bumbu Masak

“Hai orang-orang yang telah berumur empat puluh tahun, inilah saatnya kalian mengambil bekal, selagi kalian masih berakal, anggota-anggota tubuh kalian masih kuat perkasa."

Seperti diketahui, rata-rata para nabi dan rasul diangkat menjadi utusan Allah di umur tersebut, kecuali Nabi Isa dan Nabi Yahya. 

Imam Ibnul Jauzi rahimahullah mengatakan, barangsiapa yang telah mencapai usia 40 tahun dan kebaikkannya belum mengalahkan keburukannya, hendaknya ia bersiap-siap ke neraka. 

BACA JUGA:Sering Dengar Orang Mengigau? Katanya Omongan Mereka yang Mengigau Adalah Sebuah Rahasia

Jadi, apabila Anda sudah menginjak usia 40 tahun, maka sebaiknya rajin-rajinlah memanjatkan doa dari surat Al-Ahqaf ayat 15, yakni:

Rabbi auzi’ni an asykura ni’matakallati an’amta ‘alayya wa ‘ala walidayya wa an a’mala shaliḥan tardlahu wa asliḥ li fi żurriyyati, inni tubtu ilaika wa inni minal-muslimīn

Artinya: 

“Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nikmat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertobat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.”

BACA JUGA:Lakukan 8 Tips Ini agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar di Usia 40 Tahun

Kendati begitu, ada juga berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat usia 40 tahun, yakni:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: