Iklan dempo dalam berita

Cara Mudah Merebus Jengkol agar Empuk Dalam Hitungan Menit, Masakan Makin Lezat

Cara Mudah Merebus Jengkol agar Empuk Dalam Hitungan Menit, Masakan Makin Lezat

Cara merebus jengkol agar empuk--

- Perendaman

Selanjutnya, silakan rendam jengkol dalam air bersih selama minimal 6-8 jam atau semalaman. Hal itu bertujuan untuk membantu merenggangkan serat-serat keras jengkol dan membuatnya lebih mudah dimasak.

Langkah 2

- Perebusan pertama

Setelah direndam, maka silakan masukkan jengkol ke dalam panci dan tutup dengan air bersih. Kemudian, rebus dalam air mendidih selama kira-kira 10-15 menit. 

Ya, hal ini bertujuan agar dari perebusan pertama ini untuk mengurangi kadar zat-zat yang dapat menyebabkan perut kembung.

- Pembuangan air pertama

Selanjutnya, silakan buang air rebusan pertama dan cuci jengkol dengan air bersih. Ya, hal ini bertujuan untuk membantu menghilangkan bau tidak sedap yang biasanya melekat pada jengkol.

- Perebusan kedua

Isi panci dengan air bersih yang cukup untuk merendam jengkol. Tambahkan sedikit garam ke dalam air untuk memberi rasa pada jengkol. Rebus jengkol dalam air mendidih selama 30-45 menit atau sampai jengkol benar-benar empuk dan bisa ditusuk dengan mudah menggunakan garpu.

Jika Anda memiliki panci presto, gunakan alat tersebut untuk mempercepat proses perebusan. Dengan tekanan, jengkol akan lebih cepat empuk.

BACA JUGA:Ini 5 Tanda Rumah yang Dihuni oleh Makhluk Halus, Nomor 4 Paling Seram

Langkah 3

- Pemberian santan

Nah apabila jengkol sudah empuk, maka Anda dapat mengolahnya menjadi makanan. Yakni dengan menambahkan santan ke dalam rebusan untuk memberikan cita rasa dan tekstur yang lebih kaya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: